Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Jadwal Padat, Koeman Disarankan Istirahatkan Messi

Jumat 16 Oct 2020 20:25 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: REUTERS/Albert Gea
disarankan untuk mengistirahatkan Lionel Messi di laga kontra Getafe.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lawatan ke markas Getafe pada jornada keenam Liga Spanyol, Ahad (18/10) dini hari WIB, akan menjadi laga perdana Barcelona pascajeda internasional.

Laga ini juga akan menjadi partai pertama dari tujuh laga yang mesti dilakoni tim asal Katalan tersebut dalam rentang 21 hari mendatang.

Tiga hari setelah menghadapi Getafe, Barcelona sudah dijadwalkan menerima lawatan klub asal Hungaria, Ferencvaros, di laga pertama babak penyisihan Grup G Liga Champions, Rabu (21/10) dini hari WIB. Kemudian, pada sepanjang pekan depan, laga berat juga telah menunggu Barcelona.

Setelah melakoni El Clasico, kontra Madrid, Barcelona akan beradu kualitas dengan juara Serie A, Juventus, di pentas Liga Champions, tengah pekan depan.

Dengan jadwal pertandingan yang begitu padat dan lawan yang akan dihadapi, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, pun disarankan untuk mengistirahatkan Lionel Messi di laga kontra Getafe.

Dalam laporannya, Mundo Deportivo, membeberkan sejumlah alasan yang mendukung saran ini. Messi menjadi satu-satunya pemain Barcelona, yang tampil secara penuh selama 90 menit laga sejak Juni silam.

Tidak hanya itu, pemain berjuluk La Pulga itu pun tidak pernah absen di tiga laga awal Blaugrana di pentas La Liga musim ini.

Selain itu, selama memperkuat Argentina pada jeda internasional, pekan lalu, Messi juga tidak pernah absen.

''Messi tampil selama 180 menit di dua laga, termasuk dalam laga sulit kala bertandang ke markas Bolivia. Messi merumput di ketinggian mencapai 3600 meter di atas permukaan laut. Dengan semua alasan ini, laga kontra Getafe menjadi laga yang tepat untuk mengistirahatkan Messi,'' tulis laporan Mundo Deportivo, Jumat (16/10).

Langkah mengistirahatkan Messi usai memperkuat Argentina juga pernah diambil oleh pelatih-pelatih Barcelona sebelumnya. Tito Vilanova dan Luis Enrique memilih tidak menurunkan peraih enam gelar Ballon d'Or itu setelah tampil bersama Albiceleste. Uniknya, Messi kerap tidak diturunkan saat Barcelona menghadapi Getafe.

Sebelumnya, Messi tidak merumput saat Barcelona menghadapi Getafe pada 2009 dan 2012. Seperti pada musim ini, laga kontra Getafe itu dilakoni Barca setelah jeda internasional.

Sementara pada 2007, Messi diistirahatkan saat Barcelona menghadapi Getafe, tepat sebelum jeda internasional.

''Karena itu, Koeman sebaiknya mulai berpikir untuk melakukan rotasi pemain, terutama dengan kemungkinan mengistirahatkan Messi atau menurunkannya sebagai pemain pengganti'' lanjut laporan Mundo Deportivo tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA