Jumat 16 Oct 2020 17:16 WIB

Tiga Prodi di UMP Mendapat Akreditasi A

Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Biologi, dan Akuntansi dapat akreditasi A.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP
Foto: DOK UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Awal tahun ajaran 2020/2021 ini, menjadi tahun prestasi bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal ini ditandai dengan adanya tiga program studi di UMP yang berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

''Alhamdulillah, di awal tahun ajaran ini ada beberapa program studi (prodi) di UMP yang berhasil memperoleh akreditasi A,'' kata Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Jebul Suroso, Rabu (14/10).

Baca Juga

Ketiga prodi yang mendapat akreditasi A tersebut, terdiri dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Biologi, dan Akuntansi.

Menurutnya, perolehan akreditasi A ini merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika UMP yang cukup membanggakan. ''Setelah bekerja keras memenuhi semua persyaratan, akhirnya tiga prodi tersebut bisa memperoleh akreditasi A,'' jelasnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya tiga prodi yang mendapat akreditasi A, maka jumlah prodi di UMP yang sudah berakreditasi A, menjadi semakin banyak. Beberapa prodi yang sebelumnya sudah mendapat akreditasi A, antara lain Prodi Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Ekonomi Manajemen.

Menyusul semakin banyaknya prodi yang telah mendapat akreditasi A, Rektor UMP Dr Anjar Nugroho menargetkan untuk institusi UMP, dalam waktu tidak lama lagi juga bisa meraih akreditasi A. ''Saat ini, akreditasi institusi UMP masih B. Tahun depan, kita targetkan bisa mendapat akreditasi A,'' ucap dia.

Untuk mencapai target tersebut, dia menyatakan, seluruh civitas akademika UMP saat ini sudah melakukan berbagai persiapan. ''Berdasarkan simulasi nilai borang yang kita lakukan, kita sudah bisa mendapat nilai unggul itu. Tinggal nanti pembuktian di visitasi,'' katanya.

Dia menyebutkan, dalam penilaian akreditasi saat ini, BAN PT menggunakan instrumen baru yang jauh lebih sulit dibanding penilaian sebelumnya. Antara lain, dilihat dari jumlah guru besar dan doktor. ''Dalam parameter ini, UMP sudah memenuhi persyaratan,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement