Sabtu 17 Oct 2020 05:35 WIB

Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar

Kiamat kubra adalah peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar. Ilustrasi
Foto: EPA
Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bumi akan diguncangkan dengan guncangan dahsyat yang belum pernah dilihat manusia. Semua isi perut Bumi bahkan dikeluarkan dan meluluh-lantakkan kehidupan manusia. Saat itulah hari kiamat tiba seperti yang dijelaskan Alquran dalam Surat az-Zalzalah. 

Gambaran hari kiamat tersebut hanya salah satu dari banyaknya peristiwa yang dijelaskan Allah dalam Alquran. Beberapa istilah dan gambaran lain juga dijelaskan Allah seperti di Surat al-Ghasiyah, az-Zalzalah, al-Haqqah, al-Qari’ah dan lain-lain.

Baca Juga

Dalam Islam, hari kiamat terbagi menjadi kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar. Berikut tanda-tanda kiamat kubra.

Kiamat kubra adalah peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta beserta isinya sebagai awal dimulainya kehidupan akhirat. Waktu kejadian kiamat ini hanya Allah yang tahu, namun beberapa tanda-tandanya dijelaskan, sebagai berikut.

  • Turunnya Nabi Isa

Nabi Isa diyakini oleh setiap Muslim akan kembali turun ke bumi untuk menunjukkan ajaran Allah di masa-masa menjelang hari akhir. Hal ini tergambar dalam Surat Ali Imran ayat 55.

Menurut Tafsir Almuyassar, ayat ini menyebut Allah mengingatkan Nabi Muhammad ketika Dia menyelamatkan Isa. Dia berfirman: “Hai Isa, Aku akan mengambilmu dari bumi, mengangkatmu kepada-Ku, menyelamatkanmu dari kebusukan orang-orang kafir dan tipudaya mereka, dan menjadikan orang-orang yang beriman kepada kenabianmu orang-orang yang menang atas orang-orang yang mendustakan sampai hari kiamat. Kemudian tempat kembali kalian semua adalah kepada-Ku, Aku akan memutuskan perkara yang diperselisihkan orang-orang beriman dan kafir tentang Isa."

  • Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Allah berfirman dalam surat al-Anbiya ayat 96-97 yang artinya:

"Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), Maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (mereka berkata): "Aduhai, celakalah Kami, Sesungguhnya Kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan Kami adalah orang-orang yang zalim."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement