Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Cerita Pengalaman Liputan Wartawan Republika

Top 5 News: Prabowo ke AS, Cai Changpan & Bebek untuk Jokowi

Jumat 16 Oct 2020 09:32 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Foto: Republika/Prayogi
Prabowo datang ke AS dan dijadwalkan bertemu petinggi Pentagon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan, Letjen (Purn) Prabowo Subianto, menjadi newsmaker media-media Amerika Serikat, setelah larangan masuk ke Negeri Paman Sam dicabut. Prabowo yang dilarang masuk ke AS sejak lengsernya Suharto kini mendapatkan undangan Menteri Pertahanan AS Mark T Esper.

Kabar Prabowo akan tiba di Washington, dan diharapkan bertemu dengan pejabat tinggi di Pentagon menjadi berita hangat di dalam negeri. Jumlah pembaca berita ini di Republika.co.id pun masuk dalam jajaran terpopuler pada Kamis, 15 Oktober 2020.

Tak hanya Prabowo, kabar tentang pencarian Cai Changpi, narapidana asal China yang melarikan diri dari penjara juga menyita perhatian pembaca. Berikut daftar top 5 news Republika.co.id pada Kamis (15/10).

1. Latihan Kendaraan Amfibi Tewaskan Prajurit, Komandan Dipecat
KALIFORNIA - Korps Marinir Amerika Serikat (AS) memecat komandan unit yang terlibat dalam kecelakaan tragis kendaraan serbu amfibi (AAV) pada Juli lalu. Dalam sebuah pernyataan, Korps Marinir AS mengatakan kecelakaan itu menewaskan delapan marinir dan satu pelaut Angkatan Laut.

Letnan Kolonel Michael Regner yang merupakan komandan dari Batalion Tim Pendaratan Batalyon 1 Marinir keempat dengan Satuan Ekspedisi Marinir ke-15 dibebaskan dari jabatannya pada Selasa (13/10) oleh Letnan Jenderal Karsten Heckl yang memimpin Pasukan Ekspedisi Marinir I.

Dalam sebuah pernyataan, Korps Marinir AS Regner kehilangan kepercayaan dan kemampuan untuk memimpin, sebagai akibat dari kecelakaan kendaraan amfibi yang terjadi di lepas pantai Kalifornia Selatan pada 30 Juli.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Sebulan Perburuan Cai Changpan, Hasilnya?
REPUBLIKA.CO.ID,  Sudah sebulan lamanya narapidana asal China, Cai Changpan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang sejak 14 September 2020 lalu. Keberadaan terpidana mati kasus narkoba kelas kakap itu seolah memang hanya Tuhan yang tahu, meski ada banyak orang yang bersaksi melihat sosoknya atau sejumlah barang bukti yang diduga miliknya.

Cai terbilang lihai dalam menjalankan misinya melarikan diri. Tak sekedar keahliannya dalam menggali tanah hingga menembus gorong-gorong, bak aktor Tim Robbins berlaga dalam film The Shawshank Redemption. Cai juga dengan lincahnya bisa mengakali polisi dengan pergerakan menghilang yang cepat dan seakan-akan sudah terencana dengan rapi.

photo
Cai Changpan alias Cai Ji Fan - (Tangkapan layar Youtube )
Tak hanya itu, setelah polisi beranggapan ada besar kemungkinan dia di Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat, Cai juga disinyalir memiliki keahlian bertahan hidup di dalam hutan karena merupakan mantan tentara di China. Lengkap sudah 'kelebihan' Cai.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA