Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Susah Menabung? Coba Sisihkan Selembar Sehari

Kamis 15 Oct 2020 19:29 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Menghitung uang (Ilustrasi). Mendisiplinkan diri menyisihkan selembar rupiah setiap hari atau jumlah tertentu tiap pekan dapat membantu milenial menabung.

Menghitung uang (Ilustrasi). Mendisiplinkan diri menyisihkan selembar rupiah setiap hari atau jumlah tertentu tiap pekan dapat membantu milenial menabung.

Foto: Republika/Prayogi
Milenial juga direkomendasikan mencoba menabung lewat fitur toko daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi mendorong masyarakat lebih sadar akan pentingnya mengelola keuangan dengan baik guna mengantisipasi kebutuhan masa depan. Perkembangan teknologi finansial di sisi lain semakin mendukung masyarakat mendapatkan akses pada produk investasi yang aman, mudah dan terjangkau.
 
Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia menghadirkan berbagai instrumen investasi, yang memberikan kemudahan berinvestasi online bagi masyarakat, khususnya generasi milenial. Principal Consultant & CEO @zapfinance, Prita Hapsari Ghozie memberi tahu cara mudah agar uang terkontrol.

"Kalau memang susah sekali menyisihkan uang, coba tips "Hapsari" (Hanya Perlu Selembar Aja Sehari). Misalkan Rp 10 ribu setiap hari, biasanya buat apa sih? Masa iya nggak bisa kita simpan. Kalau konsisten selama lima tahun kita sudah punya tabungan Rp 23 juta,” ujar Prita dalam konferensi pers virtual Tokopedia.

Atau jika ini masih sulit, Prita menyarankan untuk mengikuti salah satu fitur Tokopedia, yakni ‘Rabu Nabung’ yang mudah diakses serta bisa menabung mulai dari Rp 5.000. Ia berpendapat, meskipun milenial sudah terlanjur nyicil KPR rumah, nggak ada alasan untuk tidak menabung, apalagi sudah ada cara mudah ini.

“Makanya aku suka ‘Rabu Nabung’. Itu akan teringat tiap Rabu aku harus menabung dan harus yakin uangnya ada. Jadi jangan "tarsok tarsok" (entar besok) tiba-tiba sudah bulan depan dan nggak nabung-nabung. Klik setiap Rabu dan aku yakin kalian bisa konsisten tiap Rabu,” papar dia.

Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi mengatakan, Tokopedia juga mempunyai dua instrumen investasi, yakni Reksa Dana dan Tokopedia Emas. Program ini, menurutnya, cocok untuk dijadikan langkah awal bagi generasi milenial yang ingin mencoba belajar investasi secara bertahap.

"Selain mudah dilakukan hanya melalui telepon genggam, investasi emas dan reksa dana lewat Tokopedia juga aman dan terjangkau. Mulai dari Rp 5.000 untuk emas dan Rp 10 ribu untuk reksa dana, siapa saja bisa menjadi investor. Tokopedia juga bekerja sama dengan Pegadaian dan Bareksa, serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata dia.

Ke depannya, Tokopedia akan terus menambahkan berbagai kemudahan dengan sederet nilai tambah lainnya dengan harapan dapat terus memberikan solusi investasi inklusif keuangan di Indonesia.
 
“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa memberikan kemudahan berinvestasi digital yang diiharapkan bisa mendorong masyarakat untuk mengenal berbagai bentuk investasi dan produk finansial lainnya serta menjadikan investasi sebagai kebiasaan lebih banyak masyarakat,” kata Marissa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA