Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Petugas Kebersihan di China Minum Air Kloset, Demi Apa?

Kamis 15 Oct 2020 18:52 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Toilet di kantor (ilustrasi). Sebuah video viral di China memperlihatkan petugas kebersihan minum air kloset.

Toilet di kantor (ilustrasi). Sebuah video viral di China memperlihatkan petugas kebersihan minum air kloset.

Foto: Republika/Mutia Ramadhani
Perusahaan mengeklaim mereka tak memaksa petugas kebersihannya melakukan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah video ramai diperbincangkan karena menampilkan seorang petugas kebersihan di China meminum air genangan kloset. Hal itu dilakukan untuk membuktikan kepada bosnya bahwa dia telah berupaya keras bekerja sebagai petugas kebersihan.

Petugas kebersihan itu ingin menunjukkan kepada bosnya seberapa keras dia bekerja untuk menjaga toilet, terutama kloset, tetap bersih. Ia mencoba memperlihatkan betapa dirinya sangat berdedikasi dengan pekerjaannya itu.

Menurut laporan media setempat, perempuan itu memang dipuji sebagai karyawan teladan karena pengabdiannya. Video tersebut telah disebar beberapa kali di media sosial.

Perempuan yang dikenal dengan nama belakang Luo itu tampak mengenakan pakaian kantor yang rapi. Ia terlihat membungkuk untuk mengambil secangkir air kloset sebelum diminum di hadapan orang-orang.

Luo memberi tahu orang-orang itu bahwa langkah tersebut adalah cara untuk memastikan bahwa dia bersungguh-sungguh dalam pekerjaannya. Dia kemudian dipuji oleh mereka yang tampaknya merupakan atasannya.

Baca Juga

Laporan menunjukkan bahwa video itu direkam di sebuah perusahaan pupuk di Provinsi Shandong, China timur. Beberapa orang mengecam tindakannya dengan menyebutnya tidak higienis dan tidak perlu sampai sebegitunya.

Seorang pengguna di media sosial juga mengecam perusahaan itu karena mendorong perilaku kotor di tengah pandemi. Sementara warganet yang lain mengatakan, perempuan tersebut harus mengajak atasannya untuk melakukan hal yang sama dengannya.

Akan tetapi, beberapa orang percaya bahwa perempuan itu meminum air kloset di luar keinginannya. Kritikus lain mengatakan bahwa dengan melihat itu merupakan sebuah penghinaan. Meskipun air keran tidak aman untuk diminum di China, perusahaan tersebut bersikeras bahwa air di klosetnya tak masalah untuk dikonsumsi.

Dikutip dari The Sun, perwakilan juga mengatakan petugas pembersih itu tidak dipaksa untuk meminum air kloset. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan, salah satu staf sengaja mengunggah video itu ke media sosial karena mereka penasaran dengan respons dari tindakan Luo.

Terungkap pula bahwa petugas kebersihan itu telah meminum air kloset selama hampir dua tahun sejak bekerja. Berbicara tentang tindakan pegawainya, perusahaan mengatakan, Lou adalah teladan bagi mereka.

“Tindakannya menunjukkan dia melakukan pekerjaannya ke tingkat tertinggi,” katanya. Aduh!

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA