Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Tips Teknik Memasak Sehat di Rumah

Kamis 15 Oct 2020 18:35 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Gita Amanda

Mengukus merupakan salah satu teknik memasak sehat, (ilustrasi).

Mengukus merupakan salah satu teknik memasak sehat, (ilustrasi).

Foto: Wikihow
Dengan memasak sendiri bisa dipastikan kebersihan dan kandungan gizi dari makanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat masakan sehat di rumah bukanlah hal yang sulit untuk dipraktekkan. Dengan memasak sendiri, kita bisa memastikan kebersihan dan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi.

Dilansir dari WebMD, berikut ini cara-cara simpel memasak makanan sehat di rumah.

Merebus
Merebus adalah teknik memasak dengan cara mendidihkan air panas kemudian masukkan bahan makanan yang akan direbus. Bukan hanya telor, tetapi bahan makanan seperti pasta, sayuran, daging, ayam, ikan pun bisa dimasak dengan cara direbus.

Memanggang

Memanggang adalah memasak makanan tanpa menggunakan minyak ataupun air. Teknik memasak dengan cara memanggang bisa dilakukan menggunakan oven atau microwave, yakni dengan cara masukkan makanan ke dalamnya kemudian atur suhu panas dan lamanya waktu memanggang yang diinginkan.

Udara panas di dalam oven berfungsi untuk memasak makanan. Jangan lupa menggunakan loyang pemanggang dan jika makanan yang dipanggang berlemak, letakkan loyang di bagian bawah untuk menampung tetesan lemak.

Oseng dan tumis

Teknik memasak dengan cara oseng dan tumis, merupakan cara memasak andalan bagi ibu rumah tangga. Selain simpel, cara memasak dengan tumis dan oseng tidak membutuhkan terlalu banyak minyak.

Untuk memasak osengan, dibutuhkan wajan besar kemudian panaskan sedikit minyak. Setelah itu masukkan potongan sayuran, daging, atau bahkan tahu. Selanjutnya aduk-aduk masakan agar tidak menempel di wajan.

Sedangkan untuk menumis, biasanya bahan masakan yang dibutuhkan sejenis sayuran, seperti jamur, tomat, bawang bombay, atau zucchini yang memiliki banyak kelembapan di dalamnya. Caranya, panaskan sedikit minyak atau mentega dalam wajan, masukkan bahan makanan, lalu masak dengan suhu tinggi sampai makanan lunak dan empuk.

Kukus atau Uap

Cara memasak dengan teknik menggunakan uap dari cairan yang dipanaskan adalah salah satu alternatif memasak yang sehat. Caranya, isi panci dengan cairan dan panaskan hingga mendidih, kamudisn tempatkan makanan dalam keranjang kukus atau wadah lain yang berlubang di atas air. Tambahkan rasa ke cairan untuk membantu memberi makanan lebih banyak rasa saat dikukus.

Sous vide

Untuk membuat makanan atau sayuran agar tidak kehilangan banyak nutrisi, cara memasaknya bisa menggunakan teknik sous vide. Caranya masukkan makanan dalam kantong bersegel vakum lalu dimasak dalam air pada suhu tertentu. Selain cara tersebut, agar makanan tidak banyak kehilangan nutrusi juga bisa menggunakan alat seperti rice cooker dan slow cooker.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA