Kamis 15 Oct 2020 17:38 WIB

Presiden Madura United Luncurkan Buku Memoar Sepakbola

Achsanul Qosasi, Presiden Madura United FC, meluncurkan buku seputar memoar sepakbola

Rep: Fitriyanto/ Red: Agung Sasongko
Logo Madura United
Foto: Madura United
Logo Madura United

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Achsanul Qosasi, Presiden Madura United FC, meluncurkan buku seputar memoar sepakbola, sejak berkiprah dari tahun 1999. Buku spesial itu diberi judul Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool.

"Ini cerita perjalanan saya di dunia sepakbola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto," kata AQ, sapaan akrab Achsanul Qosasi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/10).

Baca Juga

Buku setebal 120 halaman, full color, dan dikemas indah. Perpaduan design, foto dan naskah itu bercerita tentang betapa cintanya AQ pada sepakbola. Saking cintanya, dia menyebut sepakbola adalah istri keduanya. 

"Gue bisa gila kalau tidak mengurus bola," itu kata-katanya yang lain yang menyiratkan diri pria multi talenta itu tak bisa dipisahkan dari sepakbola. 

AQ memulainya dari klub kecil, PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI hingga menjadi petinggi di PSSI sampai akhirnya punya klub profesional, Madura United.

Di tangan AQ, Madura United jadi mentereng, ikon lain bumi Madura selain garam, santri, karapan sapi atau pondok pesantren. Di buku ini juga dijelaskan soal bintang-bintang yang datang silih berganti ke Madura. Bahkan, sejak 2012, puluhan pemain asing dari lima benua pernah singgah di Madura.

Bahkan karena bertabur bintang-bintang itu, Madura United sempat di juluki Los Galacticos-nya Indonesia. Satu lagi, soal anaknya, Annisa Dzafarina, yang disebut-sebut sebagai titisan. Nisa, putri tunggal AQ itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course dan itu kebanggaan buat Nisa, yang juga Chief Operating Officer (COO) Madura United itu.

"Sampai tidak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family," kata AQ.

Buku ini juga memuat sederet testimoni, antara lain dari Gregorius Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo hingga Rahmad Darmawan dan Habib Zia Ulhaq. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement