Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Kuliah di UBSI Bisa Dapat 2 Ijazah

Kamis 15 Oct 2020 07:16 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah satu kampus UBSI.

Salah satu kampus UBSI.

Foto: Dok UBSI
Yaitu, ijazah D3 dan S1 sekaligus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kuliah dapat dua  ijazah sekaligus, mungkinkah? Hal itu bisa kamu dapatkan kalau kamu kuliah di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Ya, UBSI sejak tahun kuliah 2020/2021 punya program yang dinamakan Program Diploma Plus Sarjana (D/S)  untuk Program Studi  (Prodi) Sistem Infomasi. “Kalau kamu kuliah di UBSI dengan  mengambil program Diploma Plus Sarjana, maka kamu akan mendapatkan ijazah D3 dan S1 sekaligus,” kata  Achmad Baroqah Pohan selaku Head of Markom Kampus UBSI, Rabu (14/10).

Ia menjelaskan, dengan mengikuti program Diploma Plus Sarjana (D/S) ini, maka mahasiswa berhak  menikmati kuliah program diploma (D3) kemudian dilanjutkan program Sarjana (S1). “Dengan demikian, alumni program Diploma Plus Sarjana UBSI bisa  meraih dua gelar sekaligus, yaitu  gelar Diploma/Ahli Madya, dan gelar Sarjana. Ia pun mendapatkan dua ijazah, yakni ijazah D3 dan  S1,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menyebutkan, saat ini Program Diploma Plus Sarjana hanya dibuka di 10 Kampus UBSI. Yaitu Kampus UBSI Bogor, Cilebut, Karawang, Cikampek, Tasikmalaya, Purwokerto,  Tegal, Yogyakarta, Solo, dan Pontianak.

UBSI memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang mengambil program Diploma Plus Sarjana. Mahasiswa UBSI yang mengambil Program Diploma Plus Sarjana, mereka kuliah Program D3 di kampus sesuai pilihan (salah satu dari 10 kampus UBSI), kemudian melanjutkan kuliah S1 selama dua semester di Kampus Utama atau kuliah secara daring.

“Untuk melanjutkan  kuliah S1 tersebut,  mereka tidak perlu mendaftar lagi. Jadi, pendaftaran kuliah hanya sekali,”  ujarnya.

Karena kuliah lanjutan untuk jenjang S1 tersebut dilaksanakan secara daring, kata  Baroqah, lulusan D3 itu bisa kerja sambil kuliah. Jadi, ketika mahasiswa S1 di kampus/universitas  lain masih kuliah semester 7 dan 8 (tahun keempat) untuk mengejar ijazah satu-satunya, yakni ijazah S1,  lulusan program Diploma Plus Sarjana UBSI  sudah bisa bekerja dengan menggunakan ijazah D3.

“Pada saat bekerja itu, ia  sambil melanjutkan kuliah dua semester lagi untuk memperoleh ilmu lanjutan dan meraih ijazah Sarjana. Jadi, saat diwisuda sebagai Sarjana, ia sudah bekerja. Taglinenya program D/S ini, "Bisa Bekerja Sebelum Wisuda,” paparnya.

UBSI segera membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun kuliah 2021/2022. “Kami mengajak para siswa kelas XII SLTA dan sederajat untuk segera mendaftar kuliah di UBSI, khususnya program Diploma Plus Sarjana (D/S). Raihlah gelar Ahli Madya dan Sarjana sekaligus, dan mendaoatkan 2 (dua) ijazah D3 dan S1, dengan kuliah di UBSI,” ujar Achmad Baroqah Pohan.*

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA