Rabu 14 Oct 2020 23:39 WIB

Nur Hikmah, Sekolah Islam Terpadu Bernuansa Boarding School 

Dari awal,  ruh berdirinya lembaga pendidikan Nur Hikmah  adalah Alquran.

Siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nur Hikmah Bekasi, Jawa Barat, melaksanakan embelajaran manajemen cinta shalat.
Foto: SIT Nur Hikmah
Siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nur Hikmah Bekasi, Jawa Barat, melaksanakan embelajaran manajemen cinta shalat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Lembaga Pendidikan Islam (LPI)  Nur Hikmah,  membuka pendaftaran siswa-siswi baru untuk tahun ajaran 2021/ 2022, mulai 3 Oktober 2020. Pendaftaran untuk tahun ini dilakukan dengan dua cara,  yaitu offline dan online.

“Alhamdulillah, dalam 10 hari, jumlah pendaftar sudah lebih dari 250 siswa,” kata Ustadz Agusriwarman selaku manajer Humas dan sekaligus ketua penerimaan siswa baru Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nur Hikmah tahun 2021/2022 dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (13/10).

photo
Munaqosyah uji publik tahfidz Quran pelajar Nur Hikmah. (Foto: Dok Sekolah Nur Hikmah)

Ia menambahkan, SIT Nur Nikmah masih akan terus membuka pendaftaran sampai 14 Januari 2021. “Hal ini kami lakukan untuk memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada anak bangsa yang ingin menjadi bagian keluarga besar Nur Hikmah,” ujarnya. 

Ustadz Agus – panggilan akrabnya --  mengemukakan, Nur Hikmah selaku lembaga pendidikan yang berbasis Quran, akhlak dan akademik telah menorehkan warna terbaik dalam kanvas pendidikan di Indonesia. Hal itu terlihat dari prestasi-prestasi pelajar Nur Hikmah  yang sudah mencapai tingkat regional, menasional, bahkan internasional. Antara lain, juara Science dan Matematika di Singapura, dan diakhir September lalu pelajar Nur Hikmah mewakili kota Bekasi dan mendapat juara di MTQ tingkat Provinsi Jawa barat. 

Ustadzah Rahayu selaku direktur Nur Hikmah mengungkapkan,  17 tahun keberadaan Nur Hikmah di tengah masyarakat, sekolah ini telah menjadi laboratorium membaca Alquran  metode Ummi pertama di Indonesia yang kini tersebar hampir seluruh Nusantara dan berkembang pesat.   “Ini semua karena memang dari awal ruh berdirinya lembaga pendidikan ini adalah Alquran,” kata Ustadzah Rahayu. 

Ia menambahkan, lembaga pendidikan Nur Hikmah terletak di wilayah Pondok Melati, di Jalan Nur Hikmah nomor 1 ini. Lembaga pendidikan ini  terus mengalami perkembangan yang pesat mulai dari mendirikan SDIT Nur Hikmah, KB-TK Nur Hikmah dan SMPIT Nur Hikmah. 

“Suasana lingkungan yang asri dengan fasilitas memadai seperti kolam renang, lapangan futsal, lapangan basket, studio broadcast, juga laboratorium IPA dan komputer berstandar Nasional serta CCTV untuk pengamanan berlapis,  selain security yang handal,” paparnya. 

Ustadz Agus menjelaskan,  seluruh lembaga pendidikan di Nur Hikmah,  baik K-TK, SDIT maupun  SMPIT Nur Hikmah terakreditasi A.  “KB-TK Nur Hikmah  dinobatkan sebagai salah satu sekolah ramah anak di Kota Bekasi, sedangkan SDIT dan SMPIT Nur Hikmah dalam prestasi akademiknya telah melahirkan lulusan - lulusan yang menembus Taruna Nusantara, KRIDA, Incen serta SMA MH Thamrin,” ujar Ustadz Agus.

photo
Pembelajaran berkelompok di Sekolah Nur Hikmah.  (Foto: Dok LPI Nur Hikmah)

Ia menyebutkan, Nur Hikmah mematok target bacaan Alquran untuk tiap jenjang pendidikan. “Di jenjang KB-TK kami memiliki target agar siswa sudah dapat membaca Alquran dengan baik.  Sehingga,  di jenjang SD siswa sudah dapat menembus 3-4 juz. Adapun di jenjang SMP, sebagian siswa telah mencapai level 6 - 8 juz,” tuturnya.

Ustadz Agus mengemukakan, “Hal menarik dari SMPIT Nur Hikmah adalah banyak sekali dari kalangan ulama dan pimpinan pesantren ketika mengunjungi  SMPIT Nur Hikmah  dalam pengujian hafalan Quran pelajar mengatakan bahwa sekolah Nur Hikmah adalah sekolah Terpadu dengan rasa Boarding School. Alhamdulillah.”

Ia mengatakan, seluruh pihak yang terlibat dalam pengelolaan LPI Nur Hikmah  berharap, semoga Lembaga Pendidikan Islam Nur Hikmah dapat terus memberikan kontribusi terbaiknya pada kanvas pendidikan Indonesia dan mempersembahkan anak bangsa yang berakhlak, hafidz Quran dan kemampuan akademik terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement