Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Ronaldo Gabung MU Buat Pelatih Liverpool Hampir Tersedak

Rabu 14 Oct 2020 20:25 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Phil Thompson (tengah).

Phil Thompson (tengah).

Foto: EPA PHOTO EPA/PAUL BARKER
Pihak Liverpool percaya mereka berhasil meyakinkan Ronaldo bergabung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kisah masa lalu menarik terkait kedatangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United. Pelatih Liverpool saat itu, Gerard Houllier dan asistennya Phil Thompson, hampir tersedak saat makan malam ketika mendengar laporan Ronaldo menandatangani kontrak dengan rival mereka.

The Reds percaya bahwa mereka berhasil meyakinkan pemain sayap muda Portugal untuk bergabung dengan Liverpool dalam kesepakatan senilai 4 juta poundsterling pada tahun 2003. Thompson mengingat saat ia pergi makan malam dengan agen sepak bola Tony Henry di Lisbon, di mana mereka membicarakan detail transfer yang ternyata tidak akan pernah terwujud. 

Baca Juga

"Saya masih ingat kata-kata Tony dengan tepat," katanya kepada Athletic, dikutip dari Mirror, Rabu (14/10).

"Semuanya sangat menyenangkan dan santai. Ini 4 juta poundsterling dan dapat dibayar selama empat tahun kontraknya, jadi 1 juta poundsterling setahun. Itu tampak sangat masuk akal." 

Kemudian Thompson bertanya tentang gaji Ronaldo. Tony mengatakan kepadanya bahwa Liverpool cukup menggaji Ronaldo 1 juta poundsterling bersih selama setahun. 

Ternyata, tanpa sepengetahuan Liverpool, Sir Alex Ferguson bekerja keras di belakang layar untuk membuat transfer terjadi. Ferguson sendiri yang langsung membujuk Ronaldo serta orang tuanya. 

Ferguson berhasil meyakinkan Ronaldo untuk menolak Liverpool dan semua klub lain yang meminatinya. Ronaldo kemudian dan bergabung dengan Setan Merah. Sisanya sejarah. Ronaldo menjelma menjadi pemain bintang dengan bergelimang prestasi dan gaji selangit.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA