Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Israel dan Lebanon Mulai Negosiasi Demarkasi Perbatasan

Rabu 14 Oct 2020 18:02 WIB

Red: Nur Aini

Presiden Lebanon mengumumkan bahwa negosiasi putaran pertama dengan Israel mengenai demarkasi perbatasan

Presiden Lebanon mengumumkan bahwa negosiasi putaran pertama dengan Israel mengenai demarkasi perbatasan

Negosiasi putaran pertama dengan Israel digelar di markas besar PBB di Kota Naqoura

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Lebanon mengumumkan bahwa negosiasi putaran pertama dengan Israel mengenai demarkasi perbatasan yang akan digelar di markas besar PBB di Kota Naqoura pada Rabu (14/10) akan bersifat "teknis" dan khusus membahas soal perbatasan laut.

Presiden Michel Aoun memimpin sebuah pertemuan yang dihadiri Menteri Pertahanan Zeina Akar, Panglima Angkatan Darat Jenderal Joseph Aoun, dan anggota delegasi perundingan. Menurut dia, negosiasi akan dilakukan di bawah naungan PBB dan kehadiran Amerika Serikat dalam pertemuan tersebut berfungsi sebagai mediator fasilitator perundingan.

Baca Juga

Pada Senin, kantor media kepresidenan telah mengumumkan nama-nama delegasi negosiasi teknis untuk membahas perbatasan selatan Lebanon dengan Israel. Lebanon dan Israel terus memperebutkan sebuah wilayah yang mencakup sekitar 860 kilometer persegi (sekitar 332 mil persegi) di Laut Mediterania, yang dikenal sebagai Zona No. 9, yang kaya akan minyak dan gas. Pada 2016, Beirut mengumumkan peluncuran lisensi untuk eksplorasi.

Kelompok Hizbullah menguasai daerah-daerah yang berbatasan dengan Israel dan ketegangan sporadis terjadi ketika Tel Aviv menuduh kelompok itu berusaha menerobos masuk perbatasannya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/israel-lebanon-mulai-negosiasi-demarkasi-perbatasan-/2005662
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA