Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Ganjaran Merawat dan Mendidik Anak Perempuan

Rabu 14 Oct 2020 10:00 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Rasulullah

Ilustrasi Rasulullah

Foto: Pixabay
Nabi menyebut berbagai kelebihan yang didapat orang tua jika merawat anak perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki anak perempuan pada masa sebelum kedatangan Islam seringkali dikaitkan sebagai sumber aib, bahkan tidak sedikit yang dikubur hidup-hidup. Kemudian Nabi Muhammad datang untuk meluruskan kesalahan besar ini dan menyebut berbagai kelebihan yang didapat orang tua jika merawat anak perempuan.

Dalam berbagai hadist Nabi Muhammad bahkan menjelaskan anak perempuan datang dengan pahala dan berkah yang besar.  Berikut beberapa keutamaan merawat anak perempuan jika diasuh dengan perhatian, cinta, dukungan, hingga pendidikan dalam Islam.

1. Dinanti surga
Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas, Nabi Muhammad bersabda yang artinya:
"Jika seseorang memiliki anak perempuan, dan tidak menguburkannya hidup-hidup, atau merendahkannya, atau lebih memilih anak laki-laki daripada dia, Allah akan membawanya ke surga.  (Ahmad, disahkan oleh Al-Hakim, dinilai Hasan oleh Ahmad Shakir)

Jabir ibn Abdullah meriwayatkan Nabi Muhammad bersabda yang artinya:
"Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia menampung mereka, menunjukkan belas kasihan kepada mereka, dan mendukung mereka, Surga pasti dijamin untuknya,"

Karena itu, seseorang bertanya kepada Nabi, bagaimana jika mereka hanya dua putri. Dia menjawab, "[Dia mendapat pahala itu,] meskipun mereka [hanya] dua."

Beberapa dari mereka yang hadir percaya bahwa jika Nabi ditanya tentang hanya satu anak perempuan, dia akan menjawab bahwa pahala itu juga berlaku.  (Disahihkan juga oleh Al-Albani)

2. Perlindungan dari Api Neraka
Aisyah RA mengatakan:
"Seorang wanita mendatangi saya dengan dua putrinya.  Dia meminta saya (untuk amal) tetapi dia tidak menemukan apa pun dengan saya kecuali satu buah kurma, jadi saya memberikannya kepadanya,"

Dia [menerimanya dan kemudian] membaginya di antara kedua putrinya dan tidak memakan apa pun darinya.  Kemudian, dia bangkit dan keluar. Ketika Rasulullah (saw) masuk, dan saya menceritakan kepadanya kisah itu

“Dia yang diuji dengan anak perempuan ini, dan dia baik hati terhadap mereka, mereka akan menjadi perlindungan baginya dari api Neraka”.  (HR.Muslim)

Uqbah ibn Aamir meriwayatkan, saya mendengar Rasulullah berkata:
“Siapapun yang memiliki tiga anak perempuan dan sabar terhadap mereka, dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan mendandani mereka dari kekayaannya;  mereka akan menjadi perisai baginya dari Api pada Hari Kebangkitan. ”  (Disahihkan oleh Al-Albani)

3. Nikmati Persahabatan Nabi
Diriwayatkan Anas, bahwa Nabi Muhammad berkata:
“Siapapun yang mendukung dua gadis sampai mereka mencapai kedewasaan, dia dan aku akan datang pada hari kiamat (dekat satu sama lain) seperti ini - Rasulullah bergabung dengan jarinya untuk menggambarkan kedekatan.”  (HR. Muslim)

Begitulah keutamaan orang tua yang memiliki anak perempuan dalam Islam sehingga harus dirawat dengan baik untuk mendapat keutamaan tersebut. Jadi, anggapan memiliki anak perempuan adalah aib merupakan anggapan yang salah. Orang tua justru sangat beruntung mendapatkan anugerah anak perempuan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA