Rabu 14 Oct 2020 09:43 WIB

5 Peningkatan Besar yang Ada di iPhone 12

iPhone 12 menggunakan chip baru dan merupakan perangkat pertama yang 5G.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple 12.
Foto: apple
Apple 12.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada pandangan pertama, seseorang mungkin mengira iPhone 12 dan iPhone 11 merupakan smartphone yang sama. Kesamaan awal mempercayai fakta iPhone 12 sebenarnya memiliki salah satu pembaruan iPhone paling dramatis dalam beberapa tahun.

Seperti yang dilansir dari WhatHiFi, Rabu (18/10),  berikut ini adalah lima peningkatan besar dari iPhone 11 ke iPhone 12.

Baca Juga

Desain baru. Kedua perangkat terlihat sangat mirip dari depan, tetapi desain iPhone 12 menurut Apple ini sangat berbeda dengan iPhone 11. Tepi smartphone yang membulat telah diganti dengan aluminium yang halus dan datar, dan juga lebih compact.

iPhone 12 sekitar 11 persen lebih tipis, 15 persen lebih kecil dalam hal volume dan 16 persen lebih ringan. Muncul dalam lima warna, yakni hitam, putih, merah, hijau dan biru.

photo
Iphone 12 - (apple)

Layar OLED. Chassisnya lebih compact, tetapi berkat bingkai yang lebih tipis, layarnya berukuran sama, yakni 6,1 inci.

Dari segi spesifikasi, ini sebenarnya merupakan peningkatan besar dari tampilan iPhone 11. Sebagai permulaan, ini adalah Super Retina XDR OLED daripada LCD Liquid Retina HD.

Kepadatan piksel melonjak dari 326ppi menjadi 460ppi, rasio kontras dari 1.400:1 menjadi 2.000.000:1 dan dukungan untuk HDR (dalam format Dolby Vision, HDR10 dan HLG) telah ditambahkan. Hal ini semua adalah berita besar bagi pengguna yang menggunakan ponsel, terutama sebagai acara TV portable dan mesin film.

Jaringan 5G. Rentang iPhone 12 melihat Apple mendukung 5G untuk pertama kalinya. Artinya perangkat yang memiliki kontrak dan cakupan yang sesuai, akan mendapatkan koneksi data yang jauh lebih cepat daripada dengan iPhone sebelumnya.

Dalam kondisi sempurna, iPhone 12 dengan 5G mampu menghasilkan kecepatan unduh hingga 4Gbps yang luar biasa cepat. Tentu saja, kecepatan unduh di kehidupan nyata akan jauh lebih rendah.

Lebih banyak kekuatan. iPhone 12 menggunakan A14 Bionic. A14 Bionic adalah chip smartphone pertama yang dibangun di atas teknologi proses 5nm.

Sederhananya, transistor pada chip jauh lebih kecil dari sebelumnya, yang berarti lebih banyak beban dapat dikemas, meningkatkan kinerja dan meningkatkan efisiensi energi. Faktanya ada 11,8 miliar transistor di A14 Bionic, hampir 40 persen lebih banyak daripada di A13 Bionic.

Apple mengklaim CPU A14 Bionic (unit pemrosesan pusat) dan GPU (unite pemrosesan grafis) masing-masing 50 persen lebih cepat daripada yang setara dengan smartphone lainnya. Kurang lebihnya, iPhone 12 harus lebih cepat daripada iPhone 11. Pengguna mungkin tidak memperhatikan dalam penggunaan sehari-hari, tetapi karena aplikasi dan gim yang lebih canggih muncul, itu bisa menjadi faktor.

Kamera yang lebih baik. Array kamera ganda iPhone 12 memiliki lensa Ultra Wide yang sama dengan iPhone 11, tetapi lensa Widenya telah ditingkatkan dengan aperture f/1.6, sedangkan iPhone 11 memiliki aperture f/1.8.

Bagi para pembidik gambar  di luar sana, itu mungkin terdengar seperti downgrade, tetapi angka yang lebih kecil sebenarnya berarti aperture lebih besar dan karena itu mampu menarik lebih banyak cahaya. Hasilnya adalah fotografi cahaya rendah yang lebih baik.

Mengenai subjek fotografi cahaya rendah, Apple Night Mode, yang dirancang khusus untuk memaksimalkan jumlah cahaya dalam bidikan malam hari, sekarang dapat digunakan bersama dengan semua kamera iPhone, termasuk yang ada di depan. Bagus untuk swafoto, jika itu yang pengguna inginkan.

Selain itu, iPhone 12 menggunakan machine learning untuk menganalisis dan meningkatkan bidikan, serta menampilkan detail yang biasanya  hilang dalam bayangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement