Selasa 13 Oct 2020 22:41 WIB

Puluhan Septic Tank Komunal akan Dibuat di Bojongsari

Ada 88 titik di Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bonjongsari, Kota Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Pekerja menyelesaikan pembuatan septictank dan toliet portabel di industri rumahan.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pekerja menyelesaikan pembuatan septictank dan toliet portabel di industri rumahan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkin) Kota Depok akan memberikan bantuan pembuatan septic tank komunal di 88 titik di Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bonjongsari, Kota Depok.

Lurah Bojongsari, Nurbakti mengatakan, pengerjaannya puluhan septic tank baru akan dilaksanakan pada 2021. Namun demikian, pihaknya bersama Disrumkin Kota Depok dan konsultan mulai melakukan survei lokasi yang akan menjadi titik pembuatan septic tank komunal. "Sekarang ini kami sedang melakukan proses survei guna menentukan layak atau tidaknya titik yang diajukan untuk pembuatan puluhan septic tank," ujar Nurbakti, Selasa (13/10).

Baca Juga

Dia menambahkan, dalam proses survei di lapangan masih ditemukan ketidaksesuaian data pemohon karena ada beberapa titik yang berlokasi di rumah kontrakan. "Untuk itu, data tersebut harus dianulir dan diganti dengan titik yang sesuai dengan persyaratan," terang Nurbakti.

Menurut Nurbakti, pembuatan sarana sanitasi ini adalah bagian dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Adapun syarat mendapatkan bantuan tersebut yaitu rumah harus milik sendiri dan bersedia menyediakan lahan seluas 1,5 x 1,5 meter.

"Tingkat kesadaran warga dalam membuat sanitasi yang layak masih kurang, sehingga Kelurahan Bojongsari mendapat kuota paling banyak se-Kota Depok dalam program ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement