Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Trik Buat Kopi French Press di Rumah

Selasa 13 Oct 2020 21:15 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Bagi pemula, membuat french press terbentur masalah suhu air hingga gilingan kopi (Foto: ilustrasi kopi)

Bagi pemula, membuat french press terbentur masalah suhu air hingga gilingan kopi (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Needpix
Bagi pemula, membuat french press terbentur masalah suhu air hingga gilingan kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa kopi yang dihasilkan alat french press masih menjadi favorit hingga saat ini. Untungnya, untuk menghasilkan rasa kopi tersebut tidak perlu memiliki mesin yang rumit.

Pada dasarnya, proses french press adalah membuat bubuk kopi ditambah dengan air panas, dan memisahkan ampasnya dari cairan. Namun bagi pemula, biasanya akan mendapati masalah soal suhu air atau hasil kopi giling yang buruk.

Air hangat atau air panas mendidih justru bisa gagal mengekstrak semua rasa bila tidak tepat. Bahkan, cara yang salah bisa menghanguskan ampas. Namun, ada beberapa trik yang bisa diterapkan di rumah untuk membuat french press kopi.

Adapun yang dibutuhkan untuk membuat kopi french press, di antaranya biji kopi utuh, penggiling kopi, dan pengukur air. Dibutuhkan biji kopi berkualitas untuk dicoba di rumah.

Baca Juga

Sedangkan untuk penggiling kopi, bisa memilih yang manual atau elektrik. Namun, sebisa mungkin yang dapat membuat hasil gilingan tetap segar dan seragam. Sementara untuk pengukur air bisa menggunakan timbangan digital atau gelas ukur sederhana guna mendapatkan rasio yang tepat.

Hal yang terpenting jangan lupa hangatkan press sebelum menyeduh kopi. Jangan lupa juga untuk mendiamkan air mendidih selama satu menit sebelum dituangkan agar tidak hangus.

Berikut panduan umum tentang proporsi yang tepat membuat kopi french press, dilansir Southernliving, Selasa (13/10).

1 Penyajian: 1 cangkir air (8 ons cairan) - 2 sendok makan biji kopi (14 gram)
2 Porsi: 2 gelas air (16 ons cairan) - ¼ cangkir biji kopi (28 gram)
4 Porsi: 4 cangkir air (32 ons cairan) - 1/2 cangkir biji kopi (56 gram)
8 Porsi: 8 cangkir air (64 ons cairan) - 1 cangkir biji kopi (112 gram)


Langkah membuat kopi french press sendiri di rumah

Hangatkan Press: Siapkan mesin press dengan membilasnya dengan air yang sangat panas. Ini membantu menjaga suhu yang benar saat menyeduh.

Ukur dan Giling: Takar jumlah biji kopi yang benar berdasarkan ukuran porsi. Giling kopi menjadi ukuran kasar, seperti remah roti, dalam penggiling duri.

Panaskan Air: Panaskan jumlah air yang benar berdasarkan ukuran porsi di atas kompor atau ketel listrik sampai mendidih. Angkat dari api selama satu menit sebelum menambahkannya ke press untuk menghindari gosong.

Isi Press: Buang air dari mesin press setelah hangat. Tambahkan bubuk kopi ke dalam pers kosong. Tuang air panas ke dalam mesin press, dan atur wajtu selama 4 menit. Setelah 1 menit, gunakan sendok kayu untuk memecahkan lapisan atas dan aduk rata.

Seduh Kopi: Biarkan campuran terendam selama total 4 menit untuk minuman yang lengkap.

Tekan: Setelah 4 menit berlalu, tekan pers sepenuhnya. Pastikan untuk menekan plunger sepenuhnya ke bawah.

Sajikan dan Simpan: Sajikan segera setelah ditekan. Jika tidak menggunakan semua kopi, simpan sebagian. Namun, jangan menyimpan sisa makanan di alat penggilingan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA