Selasa 13 Oct 2020 16:38 WIB

Busquets Belum Berpikir Pensiun dari Timnas Spanyol

Busquets juga mengaku siap bersaing dengan pemain-pemain yang lebih muda

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Sergio Busquets
Foto: EPA/Quique Garcia
Sergio Busquets

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Gelandang bertahan Barcelona, Sergio Busquets, belum berpikir untuk pensiun dari timnas Spanyol.

Saat ini, pemain berusia 32 tahun itu menempati peringkat ketujuh di daftar pencetak caps terbanyak di sepanjang sejarah La Furia Roja, dengan koleksi 119 penampilan di semua ajang.

Jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, mengawali karier bersama timnas senior pada 2009, tepatnya saat dipercaya merumput di laga persahabatan kontra Inggris.

Sejak saat itu, Busquets nyaris tidak pernah absen di kompetisi bergengsin yang diikuti La Furia Roja, termasuk saat merengkuh trofi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Busquets pun dipercaya menempati starting line-up di dua laga terakhir Spanyol, tepatnya saat ditahan imbang Portugal, 0-0, dan membekuk Swiss, 1-0, sepanjang pekan lalu.

Total, Busquets telah tampil di 119 caps dan menyumbangkan dua gol di semua ajang buat timnas Spanyol. Dengan torehan ini, Busquets berada di peringkat ketujuh daftar pemain dengan caps terbanyak untuk La Furia Roja.

Namun, kendati telah menginjak usia 32 tahun, Busquets berharap masih bisa terus memperkuat timnas Spanyol.

''Saya mungkin sudah tidak berusia 20 tahun dan saya tidak bisa menatap terlalu jauh terkait kiprah di tim ini."

"Namun, saya masih memiliki antusiasme tinggi untuk melanjutkan berada di tim ini. Saya senang memperkuat timnas, dan saya harap, bisa terus berada di tim ini dalam jangka waktu lama,'' tutur Busquets seperti dilansir Beinsports, Selasa (13/10).

Tidak hanya itu, Busquets juga mengaku siap bersaing dengan pemain-pemain yang lebih muda, seperti Rodri ataupun Mikel Merino. Karena itu, alumni Barcelona B itu akan fokus menjaga penampilannya dari satu musim ke musim berikutnya.

''Saya akan fokus dari satu musim ke musim berikutnya. Mungkin akan tergantung bagaimana pemain melakoni musim kompetisi, terutama dalam musim yang cukup aneh, seperti saat ini,'' kata Busquets.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement