Selasa 13 Oct 2020 14:06 WIB

MUI akan ke China Cek Kehalalan Vaksin Covid-19

Bio Farma mendaftarkan vaksin Covid-19 Sinovac untuk dilakukan sertifikasi halal.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Vaksin Covid-19 ditampilkan di pabrik vaksin Sinovac di Beijing, China (ilustrasi). MUI akan menuju China untuk melakukan pengecekan kehalalan vaksin Covid-19.
Foto: AP Photo / Ng Han Guan
Vaksin Covid-19 ditampilkan di pabrik vaksin Sinovac di Beijing, China (ilustrasi). MUI akan menuju China untuk melakukan pengecekan kehalalan vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan, delegasi MUI akan menuju China untuk melakukan pengecekan kehalalan vaksin Covid-19.

"Rencana komisi fatwa akan melakukan pemeriksaan ke pabrik (vaksin) di China," kata Niam saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (13/10).

Baca Juga

Ia mengatakan, MUI berencana ke China pada 14 Oktober 2020 untuk melakukan audit kehalalan vaksin tersebut. Biofarma sebagai BUMN farmasi di Indonesia sudah mendaftarkan sertifikasi halal vaksin Covid-19 Sinovac, dari China.

Biofarma menjalin kemitraan dengan China untuk pengembangan vaksin Sinovac tersebut. Pemerintah juga mengembangkan berbagai vaksin buatan dalam negeri dan juga pengembangan bermitra dengan negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Sebelumnya, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang juga Ketua Umum MUI nonaktif mengatakan vaksin Covid-19 memang sebaiknya halal. Sementara jika pada kenyataannya tidak halal maka bukan menjadi persoalan untuk digunakan menilik ada unsur darurat akibat infeksi virus corona jenis baru SARS-CoV-2.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, untuk menjaga dan menjamin kualitas vaksin Covid-19 mulai dari bahan baku dan lainnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan LPPOM MUI akan melakukan kunjungan audit ke fasilitas Sinovac di Beijing, China.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement