Selasa 13 Oct 2020 14:04 WIB

Manchester City Disebut Paling Royal Belanja Pemain

Manchester City telah menggelontorkan dana 1,03 miliar euro

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.
Foto: EPA-EFE/Jason Cairnduff
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The CIES Football Observatory merilis jumlah dana yang digelontorkan klub elite Eropa selama bursa transfer dibuka. Manchester City menjadi yang terbesar di Eropa.

Klub yang dilatih Pep Guardiola telah menggelontorkan dana 1,03 miliar euro dalam beberapa tahun. Terakhir, Manchester biru menggelontorkan dana 163 juta euro, dengan rincian pembelian Ruben Dias dari Benfica (68 juta euro), Nathan Ake dari Bournemouth (45,3 juta euro), dan Ferran Torres dari Valencia (23 juta euro).

Baca Juga

Di posisi kedua, CIES menyebut klub asal ibukota Prancis, PSG yang terbesar kedua dalam belanja pemain. Klub yang dimiliki Nasser al-Khelafi telah menggelontorkan dana 888 juta euro, salah satunya ketika membeli Neymar dan Kylian Mbappe. 

Di posisi ketiga, Manchester United telah mengeluarkan dana 844 juta euro untuk membangun skuad mereka. Disusul Barcelona yang membelanjakan 836 juta euro untuk remajakan skuad. Sementara itu, Chelsea yang juga aktif di bursa transfer berada di posisi kelima, dengan total belanja 763 juta euro. Di posisi keenam raksasa Spanyol, Real Madrid membelanjakan 708 euro dalam bursa transfer.

"Menariknya, Bayern Muenchen sebagai juara bertahan Liga Champions hanya belanja 406 juta euro atau berada di peringkat 16," tulis Marca. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement