Selasa 13 Oct 2020 09:51 WIB

Lelang Berlian Asal Rusia Ini Diperkirakan Tembus Rp 561 M

Berlian langka 'The Spirit of Rose' asal Rusia menjadi berlian terbesar di kelasnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Sebuah berlian berwarna purple pink yang sangat langka dilaporkan akan dilelang dalam waktu dekat (Foto: ilustrasi berlian)
Foto: PickPik
Sebuah berlian berwarna purple pink yang sangat langka dilaporkan akan dilelang dalam waktu dekat (Foto: ilustrasi berlian)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah berlian berwarna purple pink yang sangat langka dilaporkan akan dilelang dalam waktu dekat. Berlian yang ditemukan di pertambangan Rusia ini akan dilelang melalui rumah lelang Sotheby mengatakan.

Rumah lelang Sotheby mengungkapkan, berlian itu diperkirakan akan terjual hingga 38 juta dolar AS (atau sekitar Rp 561 miliar). Harga berlian tersebut akan diputuskan pada 11 November mendatang.

Baca Juga

Berlian berbentuk oval bernama 'The Spirit of the Rose' tersebut merupakan berlian terbesar dari jenisnya yang pernah ditawarkan untuk dilelang. Tren berlian berwarna telah meningkat sebagai aset kelas orang super kaya dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Sotheby, berlian itu ditemukan dalam pertambangan Rusia oleh salah seorang produsen berlian, Alrosa. Berlian 14,83 karat tersebut merupakan potongan karat berlian pink terbesar yang pernah ditemukan di Rusia.

“Kemunculan berlian pink di alam ini sangat langka dalam berbagai ukuran. Hanya satu persen dari semua berlian pink yang memiliki besar di atas 10 karat,” kata ketua divisi perhiasan Sotheby, Gary Schuler, mengutip reuters, Selasa (13/10).

Berlian berwarna alami ini terjadi karena memiliki struktur kisi tertentu yang membiaskan cahaya untuk menghasilkan batu berwarna, bukan putih. Berlian pink adalah berlian langka dan sangat dihargai secara estetika oleh para kolektor. Berlian itu dipamerkan di Hong Kong, Singapura, dan Taipei, sebelum dilelang di Jenewa pada 11 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement