Senin 12 Oct 2020 20:05 WIB

Jagalah 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW Ini Selama Hidup

Terdapat sunnah Nabi Muhammad SAW yang penting dijaga tiap hari.

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sunnah Nabi Muhammad SAW yang penting dijaga tiap hari. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Terdapat sunnah Nabi Muhammad SAW yang penting dijaga tiap hari. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebelum sampai pada ajalnya, manusia yang tak luput dari dosa hendaknya segera bertaubat dan memperbanyak ibadah. Kematian yang pasti datang itu harus disambut dengan penuh ketakwaan.

Dalam buku terbarunya yang berjudul “Menjadi Manusia Luhur”, Arjuna Wibowo menjelaskan, untuk menyambut kematian hendaknya kita selalu menjaga tujuh sunnah Nabi Muhammad SAW setiap hari. Ketujuh sunnah Nabi tersebut adalah:

Baca Juga

Pertama, sholatlah tahajud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada sholat tahajud-nya.

Kedua, bacalah Alquran sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Alquran telebih dahulu dengan penuh pemahaman.

Ketiga, jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan. Bukan karena panggilan muazin, tetapi panggilan Allah SWT yang memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

Keempat, menjaga sholat dhuha, karena kunci rezeki terletak pada sholat dhuha.

Kelima, jagalah sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

Keenam, jagalah wudhu karena allah menyayangi hamba yang berwudhu. Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “Ampuni dosanya dan sayangi dia ya Allah.”

Tujuh, amalkan istighfar setiap saat. Dengan beristighfar, maka masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement