Senin 12 Oct 2020 14:52 WIB

Bos Gangster Brasil Kabur dari Tahanan Rumah

Bos gangster Brasil Macedo dilaporkan kabur ke luar negeri

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Bendera Brasil
Foto: blogspot.com
Bendera Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Seorang bos gangster di Brasil bernama Andre Oliveira Macedo, kabur tak lama setelah keputusan bebasnya dari penjara ditangguhkan. Keberadaannya belum diketahui hingga kini. 

Dilaporkan laman BBC, Mecedo atau dikenal pula dengan nama Andre do Rap dibebaskan dari penjara keamanan tingkat tinggi pada Sabtu (10/10). Hakim Marco Aurélio Mello adalah tokoh yang memerintahkan pembebasannya. Dia adalah satu dari 11 hakim di Mahkamah Agung Brasil.

Baca Juga

Setelah dibebaskan, Macedo diperintahkan menjalani tahanan rumah. Keputusan Mello membebaskan Macedo seketika menuai kritik keras. Gubernur Negara Bagian Sao Paulo Joao Doria menyebut putusan itu sebagai "sikap merendahkan yang tidak dapat diterima bagi para penjahat".

Beberapa jam setelah pembebasannya, Ketua Pengadilan Tinggi Luiz Fux menangguhkan keputusan tersebut. Dia memerintahkan agar Macedo ditangkap kembali dan segera dikembalikan ke penjara.

Namun, Macedo sudah tak diketahui keberadaannya. Beberapa laporan lokal menyebut dia telah melarikan diri ke luar negeri. Penyidik ​​di São Paulo belum memberikan perincian tentang pencarian itu.

Macedo ditangkap pada September 2019. Dia adalah anggota senior geng First Command of the Capital (PCC) yang berbasis di Sao Paulo. PCC kerap menyelundupkan berton-ton kokain ke Eropa. Kelompok tersebut pun memegang kekuasaan di penjara-penjara di Brasil serta Paraguay. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement