Senin 12 Oct 2020 03:43 WIB

Main Imbang Lawan Prancis, Portugal Masih Puncaki Grup A3

Cristiano Ronaldo dkk meraih nilai tujuh dari tiga laga Grup A3 UEFA Nations League.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) berebut bola dengan dua pemain Prancis pada pertandingan UEFA Nations League, Senin (12/10) dini hari WIB
Foto: EPA-EFE/MANUEL ALMEIDA
Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) berebut bola dengan dua pemain Prancis pada pertandingan UEFA Nations League, Senin (12/10) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak ada pemenang dalam laga Prancis kontra Portugal di Stade De France, Paris, Senin (12/10) dini hari WIB. Portugal menahan imbang Prancis 0-0 untuk tetap memuncaki klasemen Grup A3 UEFA Nations League. Cristiano Ronaldo dkk mengoleksi nilai tujuh dari tiga laga, unggul selisih gol dari Prancis di posisi kedua dengan koleksi poin serupa.  

Jalannya laga

Baca Juga

Sebagai tuan rumah, Prancis tampil percaya diri dengan permainan terbuka. Namun baru menit ketiga, penyerang Olivier Giroud harus mendapatkan perawatan di kepalanya yang luka akibat dilanggar Ruben Dias. Bek tengah Portugal itu mendapatkan kartu kuning pada menit ketiga, sementara Giroud dapat melanjutkan pertandingan beberapa saat kemudian dengan perban di kepala.

Insiden ini tak mengurangi agresivitas Prancis. Serangan langsung ke jantung pertahanan Portugal beberapa kali menciptakan peluang emas bagi Les Bleus.

Pada menit ke-16, permainan Kylian Mbappe dkk di area pertahanan Portugal hampir menciptakan kemelut di mulut gawang Rui Patricio. Namun, Mbappe telah lebih dulu dalam posisi offside saat berusaha menyambut bola.

Menit ke-20, giliran Portugal yang memberikan ancaman. Namun tendangan spekulasi Bruno Fernandes dari luar kotak 16 hanya menghadiahkan tendangan sudut. Empat menit berselang, peluang dimiliki oleh Portugal, tapi Cristiano Ronaldo gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang Hugo Lloris. Kerja sama satu dua membuat Ronaldo lepas di kotak penalti Prancis. Namun Lucas Hernandez dengan sigap menutup ruang dan memblok bola sepakan Ronaldo tepat waktu sebelum membahayakan gawang Hugo Lloris. 

Setelah berjuang membongkar pertahanan lawan, Prancis kembali mengancam gawang Patricio saat Oliver Giroud mendapat ruang tembak yang cukup dari sebelah kiri. Namun, tembakan keras itu bisa diatasi oleh Patricio.

Kedua tim tidak berhenti mencari celah untuk menembus pertahanan lawan. Laga pun semakin sengit pada menit-menit akhir babak pertama, meskipun tak ada peluang yang benar-benar matang. Portugal mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas pada menit ke-35. Kali ini, Joao Felix sampai perlu meluncur untuk menjangkau bola dengan kakinya. Penyerang muda Atletico Madrid ini berhasil menendang, tapi bola sepakannya melebar. Ronaldo tampak kecewa karena jika Felix melepaskan bola, ia berada dalam posisi lebih baik untuk menyambutnya dan melepaskan tendangan ke gawang Prancis.

Pada menit ke-45 Giroud menyia-nyiakan peluang di mulut gawang saat mendapat bola liar. Tendangannya yang tak sempurna membuat bola melayang tinggi di atas mistar gawang Portugal. 

Pada babak kedua, Prancis tidak membuang-buang waktu dengan langsung menusuk ke pertahanan Portugal. Pada menit ke-47, Prancis melalui Mbappe langsung menciptakan peluang namun tendangannya saat berhadapan dengan kiper masih bisa ditepis.

Tiga menit kemudian, Portugal mendapat peluang melalui umpan terobosan. Namun, Ronaldo gagal menyambut umpan dari sisi kiri serangan. Bola pun berhasil diamankan oleh Lloris.

Pada menit ke-71, Portugal hampir membuka keunggulan saat Joao Felix menerima umpan di luar kotak. Namun bola percobaannya masih bisa diamankan oleh Lloris.

Dua menit berselangan, Portugal berhasil menggetarkan gawang Prancis melalui situasi bola mati. Namun, gol itu dianulir karena Pepe yang menanduk bola ke gawang sudah berada dalam situasi offside.

Menit ke-76, ancaman diberikan oleh Prancis saat Pogba mendapat ruang tembak di depan kotak 16. Namun, tendangan kaki kanannya masih bisa diamankan Patricio.

Peluang kembali dimiliki Portugal saat Ronaldo meminta umpan di depan gawang padamenit ke-84. Namun, tandukan Ronaldo belum terarah karena mendapat gangguan.

Pemain pengganti Portugal, Renato Sanches melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak 16 namun berhasil diamankan. Selanjutnya, Ronaldo di babak tambahan waktu mendapat kesempatan untuk melesatkan tembakan keras dari sisi kiri. Namun masih bisa digagalkan. Laga pun berakhir 0-0.

Susunan pemain:

Prancis (4-3-1-2): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Digne; Paul Pogba, N'Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann; Kylian Mbappe (Kingsley Coman (84'), Olivier Giroud (Anthony Martial (74').

Pelatih: Didier Deschamps.

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerrero (Koao Cancelo 89'); Bruno Fernandes (Renato Sanches 80'), Danilo Perreira, William Carvalho )Joao Maoutinho 88'); Bernardo Silva (Diogo Jota 61'), Joao Felix (Trincao 89'), Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement