Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Inggris Bangkit Taklukkan Belgia

Senin 12 Oct 2020 01:39 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Gelandang Inggris Mason Mount (tengah) merayakan golnya ke gawang Belgia dalam laga UEFA Nations League. Inggris mengalahkan Belgia 2-1.

Gelandang Inggris Mason Mount (tengah) merayakan golnya ke gawang Belgia dalam laga UEFA Nations League. Inggris mengalahkan Belgia 2-1.

Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Kemenangan 2-1 membuat Inggris menggeser Belgia dari puncak Grup A2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inggris bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas Belgia pada pertandingan Grup A2 UEFA Nations League 2020/2021 yang dimainkan di Stadion Wembley, London, Ahad (12/10).

Belgia memimpin terlebih dahulu melalui eksekusi penalti Romelu Lukaku pada menit ke-16. Inggris menyamakan kedudukan melalui gol penalti Marcus Rashford pada menit ke-39. Sepakan Mason Mount yang berubah arah menghasilkan gol penentu kemenangan Three Lions, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Inggris menggeser Belgia dari pucuk klasemen grup. Inggris mengemas tujuh poin dari tiga laga, sedangkan Belgia pada posisi kedua dengan enam poin.

Belgia mengambil kendali permainan sejak awal babak pertama. Red Devils membobol gawang Inggris berkat sepakan Yannick Carrasco yang meneruskan umpan silang mendatar Thomas Meunier. Namun gol itu tidak disahkan wasit karena Timothy Castagne berada dalam posisi offside.

Kebuntuan pecah beberapa saat kemudian saat wasit memberikan hadiah penalti kepada Belgia. Eric Dier melanggar Lukaku di kotak terlarang yang membuat wasit langsung menunjuk titik putih. Algojo Belgia Lukaku sukses menunaikan tugasnya untuk membawa timnya memimpin.

Tim tamu terus meneror pertahanan Inggris saat Tiga Singa kesulitan mengembangkan permainan. Sejumlah peluang bagus didapat Belgia dari tembakan Kevin de Bruyne yang masih mengarah lurus ke kiper Jordan Pickford, sedangkan Meunier melepaskan sepakan yang melebar.

Diawali tendangan sudut, Meunier menarik kapten Inggris Jordan Henderson sampai terjatuh di kotak penalti. Wasit lantas memberi penalti kepada Inggris yang dieksekusi dengan baik oleh Rashford.

Menjelang turun minum Belgia kembali mendapat peluang emas saat Lukaku dengan cerdik mengirim operan tumit kepada Carrasco. Namun tembakan sang penyerang justru melebar jauh.

Inggris memperbaiki penampilannya pada babak kedua. Ancaman nyata dihadirkan Dominic Calvert-Lewin yang sepakannya mengarah lurus ke kiper Simon Mignolet.

Buah kegigihan dipadu sedikit keberuntungan dipetik Inggris pada pertengahan babak kedua. Mount yang mendapat bola di dalam kotak penalti melepaskan sepakan yang mengenai kaki Toby Alderweireld untuk kemudian melambung dan masuk ke sudut gawang Belgia.

Belgia memiliki satu peluang bagus untuk menyamakan kedudukan dari kecerdikan De Bruyne. Ia mengirim umpan matang yang disambut sepakan melebar oleh Carrasco.

Upaya keras tim Belgia untuk menyamakan kedudukan menemui jalan buntu akibat kedisiplinan pertahanan Inggris. Justru tuan rumah yang berpeluang memperbesar keunggulan saat pemain pengganti Harry Kane gagal menyambar bola tendangan sudut meski telah lepas dari kawalan bek Belgia.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford, Kyle Walker,Eric Dier, Harry Maguire,Trent Alexander-Arnold (Reece James 78'), Jordan Henderson (Kalvin Phillips 66'), Declan Rice, Kieran Trippier, Mason Mount (Jadon Sancho 89'), Marcus Rashford, Dominic Calvert-Lewin (Harry Kane 66')

Pelatih: Gareth Southgate

Belgia (3-4-2-1): Simon Mignolet, Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jason Denayor, Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Timothy Castagne, Kevin de Bruyne (Yari Verschaeren 73'), Yannick Carrasco (Jeremy Doku 83'), Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA