Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Begini Cara Memperlakukan Pasangan dalam Islam

Ahad 11 Oct 2020 21:17 WIB

Rep: Alkhaeledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Begini Cara Memperlakukan Pasangan dalam Islam

Begini Cara Memperlakukan Pasangan dalam Islam

Foto: Pixabay
Islam mengajarkan umatnya memperlakukan pasangan dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tayangan-tayangan sinetron hingga drama Korea seringkali menggambarkan kisah cinta penuh drama antar pasangan. Tidak jarang drama dibumbui dengan konflik antar pasangan dari perselingkuhan bahkan pembunuhan.

Islam sebagai agama yang diyakini setiap Muslim paling sempurna, menuntun pemeluknya tentang berperilaku yang benar kepada pasangan. Sehingga dijauhkan dari hubungan yang penuh masalah. Lantas, bagaimana seharusnya memperlakukan pasangan dalam Islam?

1. Amanah

Baca Juga

Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam kitabnya Minhajul Muslim mengatakan berlaku amanah atau dapat dipercaya adalah adab utama dalam berpasangan. Setiap pihak baik suami atau istri harus terus menjaga janji pernikahan masing-masing.  Kesetiaan adalah tanggung jawab setiap pihak dan saling terbuka atas masalah yang dihadapi.

2. Mawaddah wa Rahmah (cinta dan kasih sayang)

Allah berfirman dalam surat Ar-Rum 21:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

Drama di sinetron dan drama Korea juga paling juara dalam menyajikan tontonan pasangan yang saling menunjukkan rasa sayang dan cintanya. Hanya saja rasa sayang dan cinta ini harus selalu diusahakan untuk dilakukan bagi setiap pihak.

Nabi Muhammad juga bersabda yang artinya:

"Orang yang tidak mau menyayangi tidak akan disayangi."(HR. Ath-Thabarani)

3. Saling percaya

Setelah seorang muslim terua menjaga komitmen pernikahan atau amanahnya, maka yang juga penting adalah rasa saling percaya.  Tidak sedikit hubungan suami istri rusak lantaran kecemburuan berlebih. 

Setiap pihak harus percaya satu sama lain dan tidak mudah meragukan kesetiaan dan keikhlasan pasangan.

4. Adab yang bersifat umum

Allah berfirman dalam Alquran surat An-Nisa ayat 19:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ

"Dan bergaullah dengan mereka secara ma'ruf (baik/patut)."

Bermuamalah dengan pasangan dengan adab yang umum dilakukan seperti berwajah ceria, berkata-kata yang baik dan saling menghormati adalah adab yang harus dilakukan kepada pasangan.

Nabi Muhammad juga bersabda yang artinya:

"Berpesanlah yang baik terhadap kaum wanita." (HR. Muslim). 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA