Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Tujuh Golongan Ini Dilindungi Allah SWT Saat Kiamat Kelak 

Sabtu 10 Oct 2020 17:06 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW menyebutkan 7 golongan yang akan dilindungi saat kiamat. Ilustrasi cinta terhadap masjid.

Rasulullah SAW menyebutkan 7 golongan yang akan dilindungi saat kiamat. Ilustrasi cinta terhadap masjid.

Foto: AP/Mahmoud Illean
Rasulullah SAW menyebutkan 7 golongan yang akan dilindungi saat kiamat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menyampaikan ada tujuh golongan orang yang mendapat perlindungan Allah SWT saat hari kiamat. Sebab di hari kiamat tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya.

عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن رسول الله عليه السلام قال: سبعةٌ يُظِلُّهم اللهُ في ظلِّه يومَ لا ظلَّ إلَّا ظلُّه: إمامٌ عادلٌ وشابٌّ نشَأ في عبادةِ اللهِ تعالى ورجلٌ ذكَر اللهَ خاليًا ففاضت عيناه ورجلٌ ـ كان ـ قلبُه معلَّقٌ في المسجدِ ورجُلانِ تحابَّا في اللهِ: اجتمَعا عليه وتفرَّقا ورجلٌ دعتْه امرأةٌ ذاتُ منصبٍ وجمالٍ إلى نفسِها فقال: إنِّي أخافُ اللهَ ورجلٌ تصدَّق بصدقةٍ فأخفاها حتَّى لا تعلَمَ شِمالُه ما تُنفِقُ يمينُه 

Abu Hurairah mengatakan Rasulullah SAW bersabda, "Ada tujuh golongan yang akan Allah lindungi pada hari kiamat, di hari yang tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya. Imam yang adil, seorang pemuda yang tumbuh dalam peribadatan kepada Allah 'azza wajalla, seorang laki-laki yang berdzikir kepada Allah dalam keheningan kemudian meneteskan air mata, seorang laki-laki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, dua orang laki-laki yang mencintai karena Allah 'azza wajalla."

Baca Juga

"Seorang laki-laki yang diajak oleh seorang wanita cantik untuk berzina lalu ia berkata sesungguhnya aku takut kepada Allah 'azza wajalla', dan seorang laki-laki yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanannya." (HR An-Nasa'i dan Ibnu Hibban).

Dalam hadits ini dijelaskan bahwa pemimpin yang adil, dua orang laki-laki yang bersahabat dan saling menyayangi karena Allah, dan laki-laki yang mampu menahan godaan untuk berzina dengan wanita cantik akan mendapat perlindungan Allah. Seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi juga termasuk golongan yang akan dilindungi Allah.

Tentu untuk mendapatkan perlindungan dari Allah, manusia juga harus melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya. Serta menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA