Jumat 09 Oct 2020 21:34 WIB

Eropa Desak Sanksi Warga Saudi atas Pembunuhan Khashoggi

Anggota Parlemen meminta untuk menurunkan tingkat representasi UE di KTT G20 Riyadh

Red: Nur Aini
Uni Eropa
Uni Eropa

 

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Parlemen Eropa (EP) pada Kamis mendesak Dewan Eropa untuk menjatuhkan sanksi kepada warga Arab Saudi yang bertanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Baca Juga

Resolusi EP 8 Oktober 2020 tentang situasi migran Ethiopia di pusat-pusat penahanan di Arab Saudi disahkan dengan 413 suara mendukung dan 49 suara menentang, sementara 233 lainnya abstain. Resolusi tersebut meminta Dewan Eropa untuk mengadopsi mekanisme sanksi hak asasi manusia Uni Eropa dan memastikan bahwa, segera setelah diadopsi, sanksi yang ditargetkan di seluruh Uni Eropa diterapkan kepada mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

EP juga menegaskan kembali seruannya untuk penghentian ekspor teknologi pengawasan dan peralatan lain yang dapat memfasilitasi represi internal ke Arab Saudi. Parlemen Eropa menuntut agar Dewan Eropa, Komisi Eropa dan negara-negara anggota menurunkan tingkat representasi kelembagaan dan diplomatik UE pada KTT G20 mendatang di Riyadh.

Langkah itu, menurut parlemen, dilakukan untuk menghindari pengesahan impunitas atas pelanggaran hak asasi manusia serta penahanan ilegal dan sewenang-wenang yang sedang berlangsung di Arab Saudi.

Khashoggi, 59 tahun, seorang kolumnis untuk The Washington Post, dibunuh oleh kelompok pembunuh Saudi, tak lama setelah dia memasuki konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Awal bulan ini, Pengadilan Kriminal Riyadh meringankan hukuman mati yang dijatuhkan tahun lalu kepada terdakwa menjadi hukuman penjara hingga 20 tahun.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/parlemen-eropa-desak-sanksi-terhadap-warga-saudi-atas-pembunuhan-khashoggi/2001240
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement