Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Merasakan Manfaat Tidur Nyenyak

Jumat 09 Oct 2020 21:17 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Tidur memainkan peranan penting dalam kesehatan tubuh (Foto: ilustrasi tidur)

Tidur memainkan peranan penting dalam kesehatan tubuh (Foto: ilustrasi tidur)

Foto: Pixabay
Tidur memainkan peranan penting dalam kesehatan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur memainkan peranan penting dalam kesehatan tubuh. Namun, antara pekerjaan yang sibuk dan kehidupan di rumah yang juga sibuk, sulit rasanya untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Melansir laman eatingwell, Jumat (9/10), menurut National Sleep Foundation, sebagian besar dari kita membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam. Biasanya kita cenderung menganggap delapan jam tidur sebagai jumlah istirahat yang tepat.

Namun, beberapa orang mungkin membutuhkan waktu yang lebih. Untuk membantu menentukan jumlah yang tepat untuk kita, lakukan evaluasi tidur sederhana.

Seberapa besarkah manfaat tidur yang nyenyak bagi tubuh? Berikut pemaparannya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ketika kita membiarkan tubuh cukup tidur hal ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman, bakteri, dan virus. Tidur yang cukup, membantu tubuh memproduksi sitokin dalam jumlah yang cukup, sejenis protein yang mencegah infeksi dan pembengkakan (menciptakan respon imun).

Sitokin diproduksi dan dilepaskan selama tidur. Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak akan mampu menghasilkan cukup sitokin untuk melawan infeksi tersebut.


Meningkatkan Kesehatan Jantung
Tidur yang cukup akan membuat jantung lebih sehat. Menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), orang dewasa yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam lebih mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

photo
Tidur (ilustrasi). - (www.freepik.com)
 
Namun, ketika cukup tidur, tekanan darah akan turun. Kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah naik lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama, hingga menyebabkan masalah komplikasi kesehatan.

Menstabilkan Berat Badan
Selain makan makanan yang seimbang dan berolahraga, tidur juga diperlukan untuk menjaga berat badan yang stabil. Tidur dan berat badan telah dikaitkan oleh para ilmuwan selama beberapa waktu.

Studi menunjukkan, penurunan jumlah tidur dikaitkan dengan peningkatan berat badan, dan terus menambah berat badan dari waktu ke waktu. Orang dewasa yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam, memiliki berat badan yang lebih tinggi, dan lebih mungkin mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam atau lebih.


Kulit Lebih Sehat
Istilah ‘beauty rest’ adalah benar. Selama tidur, tubuh kita mengirimkan cairan ke organ dan jaringan yang perlu diisi ulang, sambil membuang kelebihan cairan dari area lain. Tidur juga memungkinkan tubuh membuat lebih banyak kolagen, yang menyebabkan kulit lebih halus.

Penelitian menunjukkan, proses ini dapat membantu mengurangi munculnya kelopak mata yang terkulai, mata bengkak, mata panda, kerutan, dan garis-garis halus. Setelah melihat manfaat-manfaat dari tidue cukup itu, maka tidur cukul memang memainkan peran penting dalam hidup kita dan dapat mempengaruhi pola aktivitas harian kita. Jika kita kesulitan mendapatkan waktu tidur yang cukup, ingat saja empat manfaat itu untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA