Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Bagaimana Menghilangkan Keraguan Terhadap Islam?

Sabtu 10 Oct 2020 05:45 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Bagaimana Menghilangkan Keraguan Terhadap Islam?

Bagaimana Menghilangkan Keraguan Terhadap Islam?

Foto: republika
Kita cenderung menganggap remeh agama kita karena kita terlahir dengan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria di salah satu diskusi daring mengungkapkan kegundahannya tentang agama Islam yang selama ini dianutnya. Pria bernama lengkap Abdul Mateen ini mengaku telah meragukan Islam sebagai agama yang benar untuk dianut.

Kendati demikian, Abdul menjelaskan dirinya masih mau berjalan di jalur Islam dan terus menganutnya. Dirinya tetap ingin memeluk Islam karena mempercayai adanya surga dan neraka yang menjadi balasan setiap perbuatan di dunia. 

Salah seorang pengelola diskusi daring tersebut, Dina Mohamed Basiony mengatakan untuk memahami agama Islam sebagai ajaran yang benar membutuhkan pembelajaran berkelanjutan. Ia menyebut keraguan terhadap agama lebih banyak terjadi karena kurangnya keinginan untuk mempelajarinya lebih dalam. 

"Asumsi saya, Anda belum benar-benar mempelajari Islam secara menyeluruh. Kita cenderung menganggap remeh agama kita karena kita terlahir dengan itu, kita juga menghafal beberapa hal, tapi tanpa didasari dengan pengetahuan," ujar penulis Mesir tersebut yang memiliki spesialisasi Islam dan spiritualitas.

Dina mengisahkan, telah menjalani pencarian kebenaran Islam selama ini dan mendapat kesimpulan tidak ada agama yang sesempurna Islam. "Terkadang kita tidak memulai perjalanan pembelajaran yang nyata untuk mengungkap keindahan dan keagungan agama ini. Saya telah melakukannya dan saya jamin saya tidak menemukan apa pun di permukaan bumi yang sekuat dan sesempurna Islam," ujarnya.

Dia mengkiaskan iman kepada Allah dan keyakinan kepada Islam sebagai ajaran yang benar seperti tanaman yang harus disiram agar bisa hidup. Keyakinan dan keimanan yang kuat hanya bisa didapatkan dengan pembelajaran yang menyeluruh tentang Islam.

"Jadi, Anda harus mengerti, saudara, jika Anda tidak menyirami tanaman Anda, tanaman itu akan mati.  Demikian pula, jika Anda tidak memelihara jiwa dan keyakinan Anda dengan pengetahuan dengan cara yang benar, itu tidak akan berhasil.  Itu akan memburuk atau mati," ujarnya. 

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/guide-me-how-do-i-get-rid-of-these-doubts/

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA