Jumat 09 Oct 2020 12:51 WIB

Calvert-Lewin Mesin Gol Baru Timnas Inggris

Calvert-Lewin telah berjuang keras untuk bersaing, meski bukan sebagai saingan Kane.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Dominic Calvert-Lewin (tengah) mencetak gol untuk timnas Inggris dalam laga persahabatan lawan Wales, Jumat (9/10) dini hari WIB
Foto: EPA-EFE/Nick Potts / POOL
Dominic Calvert-Lewin (tengah) mencetak gol untuk timnas Inggris dalam laga persahabatan lawan Wales, Jumat (9/10) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Timnas Inggris sukses meraih kemenangan atas timnas Wales dengan skor 3-0 pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Wembley, Jumat (9/10) dini hari WIB. Dominic Calvert-Lewin mengukir debutnya dengan gemilang bersama the Three Lions.

Pada laga tersebut, striker Everton Calvert-Lewin menyumbangkan satu gol melalui tandukannya usai menerima umpan silang Jack Grealish pada menit ke-26. Sedangkan, dua gol the Three Lions lainnya dicatat Conor Coady menit ke-53 pun Danny Ings menit ke-63.

Khusus untuk Calvert-Lewin, meski baru berusia 23 tahun, publik Inggris tentu menaruh harapan besar kepada penyerang kelahiran Sheffield ini. Gol pertamanya hadir pada kemenangan Inggris di final Piala Dunia U-20 melawan Venezuela pada 2017 lalu.

Karier penyerang 23 tahun itu memang tak berjalan mulus. Ia masuk dalam skuat utama Sheffield, namun lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pinjaman sebelum resmi diikat Everton pada 2016 silam.

Berkostum Merseyside Biru, performa Calvert-Lewin mulai menanjak tiap musim. Berada di bawah besutan Carlo Ancelotti, serta asisten Duncan Ferguson, Calvert-Lewin menjelma menjadi striker haus gol.

Keputusan Gareth Southgate untuk mengistirahatkan kapten Harry Kane, bersama dengan absennya Mason Greenwood, Tammy Abraham, dan Jadon Sancho, membuka jalan bagi Calvert-Lewin untuk memimpin garis depan skuat Tiga Singa. Calvert-Lewin memanfaatkan peluangnya dengan sempurna.

Calvert-Lewin telah berjuang keras untuk bersaing. Meski bukan sebagai saingan Kane, tetapi sebagai alternatif yang sangat berbakat.

"Benar-benar debut impian, sayang sekali tak ada penggemar di sini. Meski pahit, tapi mencetak gol pada debut adalah impian," ujar Calvert-Lewin dikutip BBC Sports, Jumat (9/10).

Southgate masih harus melihat berbagai aspek lain dari penampilan para pemain muda timnas Inggris. Namun, kehadiran Calvert-Lewin, Nick Pope, serta Bukayo Saka bisa menjadi banyak alternatif untuknya membimbing skuat Tiga Singa di ajang Euro 2021 dan Piala Dunia 2022 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement