Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Sammy Hagar: Eddie Van Halen tak Ingin Orang Tahu Kondisinya

Jumat 09 Oct 2020 12:43 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Eddie Van Halen tampil di Wantagh, New York, AS pada 13 Agustus 2015. Van Halen meninggal pada 6 Oktober 2020 setelah berjuang melawan kanker.

Eddie Van Halen tampil di Wantagh, New York, AS pada 13 Agustus 2015. Van Halen meninggal pada 6 Oktober 2020 setelah berjuang melawan kanker.

Foto: AP
Sammy Hagar sempat bertukar kabar dengan Eddie Van Halen hingga bulan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sammy Hagar tak bisa menceritakan secara langsung hubungannya belakangan ini dengan teman band lamanya, Eddie Van Halen. Mantan vokalis Van Halen itu pun memilih untuk menuliskan kisah sebelum kematian Eddie tersebut dan mengirimkannya kepada pemandu acara radio dan televisi kenamaan Howard Stern.

"Saya ingin kalian tahu bahwa Eddie dan saya sempat saling berkirim pesan," kata Hagar yang kini telah berusia 72 tahun.

Baca Juga

Menurut Hagar, ia dan Eddie mulai berkomunikasi sejak awal 2020. Ia sangat senang bisa kembali terhubung dengan gitaris dan salah satu pendiri Van Halen itu.

"Kami berdua sepakat untuk tidak memberi tahu siapapun, karena pasti akan ada rumor yang beredar tentang reuni dan sebagainya, dan kami berdua tahu reuni ini tidak akan pernah terjadi," ungkap Hagar dalam suratnya.

Hagar menceritakan, Eddie juga tidak ingin ada yang tahu tentang kondisi kesehatannya. Sebulan lalu, Hagar masih berkirim pesan kepada Eddie, namun tak berbalas.

"Dia berhenti menanggapi pesan saya sebulan yang lalu, dan saya pikir itu tidak baik. Saya coba mengontak dia sekali lagi pekan lalu dan ketika dia tidak menanggapi, saya pikir itu hanya masalah waktu, dan ternyata kematiannya datang terlalu cepat," ungkap Hagar, dikutip dari laman People.

Hagar dan Eddie Van Halen pertama kali menjadi rekan band pada 1985, ketika Hagar masuk untuk mengisi posisi David Lee Roth yang dia keluar dari band. Hagar meninggalkan band pada 1996, tetapi dia kembali tampil dengan Van Halen dalam tur The Best of Both Worlds 2004.

Eddie meninggal pada usia 65 tahun pada Selasa (6/10) pagi setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker. Tak lama setelah putranya, Wolfgang, mengonfirmasi kematian rocker itu di Twitter pada Selasa sore, Hagar membagikan pesan singkat sebagai tanggapan atas berita tersebut ke akun media sosialnya.

"Patah hati dan tidak bisa berkata-kata. Cintaku untuk keluarga," tulis Hagar di Twitter dan Instagram, dengan foto dirinya dan Eddie duduk bersama di pesawat yang tampak seperti jet pribadi.

Sebelum terhubung kembali awal tahun ini, Hagar dan Eddie paling sering bertukar pesan di Twitter. Pada 2016, Hagar pernah mengucapkan selamat ulang tahun kepada Eddie dan Eddie terakhir menjawab, "Terima kasih Sammy. Semoga Anda baik-baik saja".

Pada tahun yang sama, Hagar berbicara dengan Classic Rock Report tentang pesan ulang tahunnya kepada mantan rekan bandnya. Ia menjelaskan bahwa dia tidak ingin memiliki penyesalan atau kesan buruk dengan Eddie Van Halen.

Hagar tidak ingin memiliki musuh dan ingin melupakan masa lalu, serta hanya ingin berteman dengan siapapun. "Kalian pasti tidak ingin pergi mendatangi kuburan musuh. Jadi itulah yang saya lakukan. Itu menyadarkan saya dan saya berpikir, 'Tidak ada lagi musuh' dan sebelum aku mati, aku tidak ingin meninggalkan hal buruk," kata dia dalam acara itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA