Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Porsche Roads App Kini Tampilkan Indikator Kualitas Udara

Jumat 09 Oct 2020 02:36 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Porsche 718 Boxster

Porsche 718 Boxster

Foto: Dok: Porsche
Pengendara bisa tahu kualitas udara di daerah yang akan dilintasi mobil Porsche.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Sejumlah konsumen sports cars terkadang lebih memilih mobil dengan wujud convertible. Sesekali pengendara dapat menikmati pagi atau sore hari dengan hembusan angin alami sambil menikmati paparan sinar matahari secara langsung.

Porsche pun jadi salah satu pabrikan yang menawarkan mobil dalam wujud convertible. Dilansir dari Car Advice pada Kamis (8/10), demi dapat semakin memanjakan konsumen, pabrikan Jerman itu kini juga menyediakan indikator kualitas udara lewat Porsche Roads app.

Dengan fitur dalam aplikasi smartphone itu, maka pengendara dapat mengetahui bagaimana kondisi kualitas udara di daerah yang akan dilintasi. Artinya, pengendara dapat menentukan kapan harus berkendara dengan mode open air atau mode kabin yang tertutup rapat sehingga dapat terhindar dari polusi.

Informasi soal air quality index (AQI) rating itu dihimpun oleh Porsche lewat kerja sama dengan perusahaan weather intelligence service bernama ClimaCell. Dengan kerja sama ini, maka pengendara dapat mengetahui kondisi cuaca dan kualitas udara secara realtime.

Lewat fitur ini, pengendara dapat mengetahui kualitas udara dari warna yang terdapat pada peta dalam aplikasi tersebut. Untuk membedakan kualitas udara, aplikasi Porsche Roads membagi jalur lewat tiga warna yang berbeda yakni merah, kuning dan hijau.

Jika jalur itu berwarna merah, artinya pengedara sebaiknya tidak beraktivitas atau melalui jalur tersebut. Oleh karena itu, pengendara juga disarankan untuk mengganti jalur atau menyesuaikan jadwal sampai kondisi udara di jalur tersebut berada pada level yang lebih baik.

Selanjutnya, jika jalur itu berwarna kuning, maka pengendara dapat melalui daerah tersebut namun sangat disarankan untuk menutup jendela atau atap dan menyalakan AC.

Nah, jika jalur itu berwarna hijau, artinya pengedara dapat membuka jendela atau atap mobil dan dapat menikmati udara dalam kualitas yang terbaik. Selain membedakan jalur berdasar warna, aplikasi ini juga menyediakan skor AQI. Lewat indikator itu, skor yang paling mendekati angka 100 menandakan bahwa kualitas udara di jalur tersebut semakin baik.

Porsche Roads merupakan sebuah aplikasi untuk iPhone dan dihadirkan sebagai media sosial khusus para driving enthusiasts. Lewat aplikasi ini, maka para pecinta road trip dapat saling terhubung dan saling berbagi soal jalur dan desitanasi terbaik yang bisa dijadikan alternatif.

Artinya, aplikasi ini memungkinkan pengendara untuk merekam rute perjalanan dan destinasi mana saja yang pernah dituju. Di satu sisi, meski aplikasi ini dikembangkan oleh Porsche, tapi aplikasi ini dapat diunduh dan dinikmati oleh pecinta mobil dari brand apa pun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA