Kamis 08 Oct 2020 21:29 WIB

KSP: Presiden tak Lari dari Demonstrasi

KSP belum tahu apakah Jokowi akan menemui demonstran jika aksi kembali

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/Biro Pers
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui tengah melakukan kunjungan kerjanya ke Kalimantan Tengah saat aksi unjuk rasa menentang UU Cipta Kerja digelar di depan Istana Negara.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral pun menegaskan, kunjungan kerja Jokowi tersebut sudah terjadwalkan sebelum adanya rencana aksi massa unjuk rasa.

Baca Juga

"Ya karena itu sudah teragendakan sejak awal. Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Itu agenda penting Presiden bagi rakyatnya di provinsi lain," kata Donny, Kamis (8/10).

Ia mengatakan, Presiden tak berniat menghindari aksi demonstrasi di Istana dengan melakukan kegiatan ke luar kota.

"Bukan kemudian lari dari demonstrasi. Presiden bukan sosok yang seperti itu," tambahnya.

Kendati demikian, Donny juga mengaku belum mengetahui apakah nantinya Presiden akan menemui para demonstran jika aksi unjuk rasa kembali digelar.

"Kita lihat saja nanti bagaimana karena kan belum terjadi," kata dia.

Donny mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum mempertimbangkan untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) guna membatalkan UU Cipta Kerja.

"Sampai saat ini sih belum ada pertimbangan untuk itu. Sampai saat ini. Itu baru suara dari kelompok masyarakat tapi dari pemerintah belum ada," kata Donny.

Saat kunker ke Kalimantan Tengah, Jokowi meninjau lumbung pangan baru di Kabupaten Pulang Pisau. Selain itu, Jokowi juga meninjau penanaman padi, keramba ikan, serta peternakan bebek di Kecamatan Pandih Batu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement