Jumat 09 Oct 2020 00:30 WIB

Kematian Covid-19 3 Kali Lebih Banyak dari Flu dan Pneumonia

Di Inggris, kematian akibat covid-19 3 kali lebih banyak dibanding flu dan pneumonia.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Dwi Murdaningsih
 Virus mematikan (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Virus mematikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kematian akibat Covid-19 di Inggris dan Wales tahun ini lebih banyak tiga kali lipat dibanding orang meninggal karena  flu dan pneumonia. Menurut data resmi, antara Januari dan Agustus 2020, ada 48.168 kematian akibat Covid-19 dibandingkan dengan 13.500 akibat pneumonia dan hanya 394 yang disebabkan flu.

Kantor Statistik Inggris (ONS) melihat penyebab kematian akibat flu sangat rendah tahun ini. Jumlah kematian akibat flu dan pneumonia memang tinggi pada bulan Januari, selama musim dingin, dimana biasanya banyak orang flu.

Baca Juga

Namun, kematian karena Covid-19 lebih tinggi antara Maret dan Juni.

 "Angka kematian untuk Covid-19 juga jauh lebih tinggi daripada angka influenza dan pneumonia untuk tahun 2020 dan rata-rata lima tahun," kata Analis Kantor Statistik Inggris, Sarah Caul beberapa waktu lalu.

 "Sejak 1959, saat pencatatan kematian bulanan ONS dimulai, jumlah kematian akibat influenza dan pneumonia dalam delapan bulan pertama setiap tahun lebih rendah daripada jumlah kematian akibat Covid-19 yang terlihat, sejauh ini, pada 2020," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement