Kamis 08 Oct 2020 12:07 WIB

Antibodi Regeneron Diminati Setelah Dipakai Trump

Regeneron memproduksi obat Covid-19 eksperimental berbasis antibodi.

Obat eksperimental Covid-19 berbasis antibodi dari Regeneron diberikan kepada Presiden AS Donald Trump yang positif Covid-19.
Foto: AP
Obat eksperimental Covid-19 berbasis antibodi dari Regeneron diberikan kepada Presiden AS Donald Trump yang positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pasien meminta bergabung dalam uji klinis obat-obat Covid-19 berbasis antibodi, REGN-COV2, setelah Presiden AS Donald Trump dirawat pekan lalu dengan terapi eksperimental dari Regeneron Pharmaceuticals Inc. Trump pada Rabu (7/10) berjanji untuk menggratiskan obat-obat itu bagi warga Amerika seraya menggembar-gemborkan manfaatnya.

Para ahli kedokteran mengatakan, data lebih banyak dibutuhkan untuk menilai kemanjuran perawatan itu sebelum pemakaian yang lebih luas diperbolehkan. Trump meninggalkan rumah sakit pada Senin (5/10) malam, hanya beberapa hari setelah didiagnosis positif Covid-19 yang menyebabkan radang paru-paru sehingga kadar oksigen darahnya turun.

Baca Juga

Menurut dokternya, uji darah pada Senin mendapati antibodi yang melawan infeksi. Juru bicara Regeneron mengeklaim, keberadaan antibodi mungkin berasal dari pengobatan itu.

Dalam satu video yang diambil di luar Gedung Putih, Trump memuji terapi Regeneron yang membuatnya merasa jauh lebih baik ketimbang saat dia pertama kali didiagnosis. Trump juga mengatakan, dia akan mendorong izin pemakaian darurat (EUA) bagi pengobatan itu dan pengobatan lain sejenis. Dia salah menyebut obat itu bernama Regeneron.

Regeneron mengatakan, pihaknya sedang berbicara dengan Badan Obat dan Makanan AS mengenai EUA untuk ramuan dua antibodi monoklonalnya--salinan antibodi pabrik yang merupakan satu dari senjata utama yang sistem kekebalan hasilkan untuk melawan infeksi. Perusahaan itu sejauh ini mengeluarkan beberapa data awal yang mengarah pada janji atas terapinya melawan Covid-19.

Sementara itu, para dokter khawatir pengobatan Trump dan promosi setelahnya dapat memberikan tekanan pada regulator. Dr. Gary Kleiner, ahli ilmu kekebalan anak pada Sekolah Kedokteran Miller Universitas Miami dan penyelidik dalam satu percobaan yang dirancang untuk mengetahui apakah antibodi Regeneron dapat mencegah infeksi virus corona, mengatakan dia didekati oleh para pasien yang mencari obat itu sejak pekan lalu.

Dr. Dirk Sostman, kepala jaringan riset di Rumah Sakit Methodist Houston, tempat percobaan untuk program-program antibodi Regeneron dan Eli Lilly & Co, mengatakan makin banyak pasien meminta untuk ambil bagian dalam percobaan antibodi. Dia berhati-hati mengenai pemakaian yang lebih luas tanpa data lebih banyak lagi.

"Semua yang kami lihat adalah rilis berita yang sangat singkat...jadi tak banyak yang bisa ditindaklanjuti," katanya.

"Politik situasi saat ini memberi isyarat pada saya bahwa cerita itu dapat berupa Trump mengidap Covid...lalu teknologi Amerika yang didukung pemerintahan Trump menyembuhkan Covid," ujar Sostman. "Saya pikir akan ada tekanan pada para regulator."

Ahli utama penyakit menular AS Dr. Anthony Fauci, pada Senin di CNN, mengatakan kuat dugaan bahwa obat Regeneron menyumbang pada kemajuan Trump.

"Jelaslah kita tak dapat membuktikan itu sampai kita melakukan sejumlah telaah untuk menunjukkan bahwa obat itu betul-betul berperan," katanya.

Para dokter menekankan bahwa linimasa untuk penyakit Trump tak sepenuhnya jelas.

"Jika dia sedang menanggapi pada laju di mana dia benar-benar jauh lebih baik, ini berkat antibodi," kata Dr. Edward Jones-Lopez, spesialis penyakit menular pada Sekolah Kedokteran Keck di Universitas Southern California di Los Angeles.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement