Kamis 08 Oct 2020 05:48 WIB

Caputo Cetak Rekor Saat Italia Taklukkan Moldova 6-0

Caputo menjadi pemain tertua yang mencetak gol dalam debut bersama Italia.

Penyerang Francesco Caputo (tengah) merayakan golnya untuk Italia saat menjebol gawang Moldova dalam laga persahabatan.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Penyerang Francesco Caputo (tengah) merayakan golnya untuk Italia saat menjebol gawang Moldova dalam laga persahabatan.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Penyerang Francesco Caputo mencetak gol pada debutnya membela timnas Italia dalam usia 33 tahun 62 hari. Caputo menyumbang gol saat Italia menaklukkan Moldova 6-0 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Artemio Franchi, Florence, Kamis (8/10) dini hari WIB.

Stephan El Shaarawy mencetak dua gol dalam laga ini. Bryan Cristante dan Domenico Berardi masing-masing menyumbang satu gol untuk Azzurri. Bunuh diri Veaceslav Posmac melengkapi suram bagi tim tamu.

Seperti telah diumumkan pelatih Italia Roberto Mancini, ia menurunkan tim dengan wajah baru untuk menjaga kebugaran para pemain utama Italia yang menjalani jadwal padat bersama klub. Namun tim Roberto Mancini masih terlalu bagus untuk tim tamu saat mereka memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 17 pertandingan.

Caputo menjadi debutan tertua kedua mereka setelah Emiliano Moretti yang membela Italia melawan Albania dalam laga persahabatan pada 1994. Saat itu usia Moretti 33 tahun 160 hari. 

Cristante membuka skor dengan sundulan mudah di dekat tiang pada menit ke-18. Caputo, yang menghabiskan sebagian besar kariernya di divisi bawah sepak bola Italia, menyambut umpan Cristiano Biraghi dan mencetak gol dengan penyelesaian klinis lima menit kemudian. Gol ini membuat Caputo sebagai pemain tertua yang mencetak gol dalam laga debutnya membela Azzurri.

El Shaarawy yang bermain di Liga Super China menunjukkan kontrol yang luar biasa saat ia menerima operan lob  Cristante. Ia mengalahkan penjaganya dan menendang bola ke sudut jauh pada menit ke-30 untuk membawa Azzurri memimpin 3-0.

Moldova tertinggal empat gol setelah Posmac yang mencoba menghalau bola malah melepaskan si kulit bundar ke sisi atas gawangnya. El Shaarawy mencetak gol keduanya sesaat menjelang turun minum. Ini kali pertama sejak 1987 Italia mencetak lima gol sepanjang babak pertama.

Pertahanan tim tamu lebih terorganisasi setelah jeda tetapi tidak bisa menghentikan Berardi mencetak gol pada menit ke-72. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement