Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Sejarah Hari Ini: Arnold Schwarzenegger Gubernur California

Kamis 08 Oct 2020 05:28 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Arnold Schwarzenegger

Arnold Schwarzenegger

Foto: AP Photo
Schwarzenegger berjanji untuk memulihkan kepercayaan pada pemerintah California.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pada 8 Oktober 2003, bintang film Arnold Schwarzenegger telah terpilih sebagai gubernur California. Dia menggulingkan pejawat, Grey Davis, tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir.
 
Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah negara bagian ketika seorang gubernur berhenti di tengah masa jabatan. Dengan sebagian besar surat suara telah dihitung, Schwarzenegger memenangkan hampir 48 persen suara.

Dalam pidato kemenangan di hadapan pendukungnya, Schwarzenegger berterima kasih kepada rakyat California karena telah memberinya kepercayaan. "Saya ingin menjadi gubernur rakyat. Saya tahu bahwa bersama-sama kita bisa menjadikan ini negara bagian terbesar di negara terhebat di dunia," kata Schwarzenegger seperti dilansir laman BBC History, Kamis (8/10).

Schwarzenegger berjanji untuk memulihkan kepercayaan pada pemerintah California dan menerapkan kembali disiplin pada anggaran di luar kendali negara bagian. Sementara itu, Gray Davis harus menerima kekalahan.  "Anda telah memilih dan memutuskan sudah waktunya bagi orang lain untuk melayani dan saya telah menerima penilaian rakyat," kata Davis.
 
Pemungutan suara tersebut dipicu oleh para aktivis Partai Republik yang frustrasi dengan tingkat pengangguran yang tinggi, sekolah sulit, dan defisit anggaran negara mencapai puluhan miliar dolar Amerika Serikar. Dalam pemungutan suara dua bagian, para pemilih pertama-tama ditanya apakah mereka ingin menarik kembali atau memecat Gubernur Davis.
 
Dengan 96,8 persen hasil masuk, 54,4 persen menginginkan penarikan kembali.
Schwarzenegger kemudian terus maju dengan 47,9 persen dukungan. Saingan terdekatnya, Letnan Gubernur Cruz Bustamante, berada di 32,4 persen.
 
Namun demikian, pertarungan politik kadang-kadang brutal, dengan Schwarzenegger dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah wanita, dan tuduhan bahwa dia pernah memuji Hitler. Dia membantah tuduhan tersebut, meskipun dia meminta maaf karena perilaku gaduh yang dia timbulkan.

Dia dilantik sebagai Gubernur California pada 17 November 2003. Tindakan pertamanya adalah menghapus kenaikan pajak mobil yang tidak populer yang diberlakukan oleh Gubernur Davis. Dia juga secara resmi mengesampingkan kenaikan pajak, salah satu tanda tanya besar yang menggantung kampanyenya.

Namun, kebijakan belakangan telah menimbulkan kontroversi. Pada Februari 2004, dia memerintahkan pejabat hukumnya untuk bertindak melawan kota San Francisco karena mengizinkan pernikahan gay yang melanggar hukum negara bagian.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA