Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Rusia Uji Rudal Hipersonik di Hari Ulang Tahun Putin

Kamis 08 Oct 2020 05:17 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah

Sistem Ruda Rusia (ilustrasi).

Sistem Ruda Rusia (ilustrasi).

Foto: AP
Misil mencapai targetnya pada jarak 450 kilometer dalam empat setengah menit.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia telah menguji peluncuran rudal jelajah hipersonik Tsirkon dan berhasil mencapai target di Laut Barents, Rabu (7/10). Momen ini bertepatan dengan ulang tahun ke-68 pemimpin Rusia, Vladimir Putin.

Kepala staf umum militer, Valery Gerasimov, mengatakan kepada Putin melalui saluran telepon, bahwa serangan uji coba dilakukan dari kapal Laksamana Gorshkov yang terletak di Laut Putih di Rusia utara pada Selasa (6/10). Putin pun memuji uji coba rudal hipersonik dan senjata Rusia generasi baru yang sempat disinggung dalam pidatonya pada Maret 2018.

"Ini adalah peristiwa besar tidak hanya untuk kehidupan angkatan bersenjata, tetapi juga untuk seluruh Rusia, untuk seluruh negara," kata Putin kepada Gerasimov.

Gerasimov mengatakan misil mencapai targetnya pada jarak 450 kilometer dalam empat setengah menit setelah mencapai kecepatan hipersonik lebih dari Mach 8. Dia menambahkan bahwa tes akan dilanjutkan dan kapal permukaan serta kapal selam Rusia akan dipersenjatai dengan rudal ketika tes tersebut selesai.

Tes Tsirkon dilakukan di tengah ketegangan atas pengaturan senjata antara Rusia dan Amerika Serikat (AS). New START atau pakta senjata nuklir besar terakhir yang diberlakukan antara kedua negara akan berakhir pada Februari tahun depan.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA