Rabu 07 Oct 2020 22:43 WIB

Lima Kreasi Mengolah Buah Beet

Buah beet sangat kuat dalam menangkal peradangan kronis.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Buah beet sangat kuat dalam menangkal peradangan kronis (Foto: Ilustrasi buah beet)
Foto: Needpix
Buah beet sangat kuat dalam menangkal peradangan kronis (Foto: Ilustrasi buah beet)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunyit merupakan obat alami untuk memerangi peradangan, sebagai bahan anti-inflamasi yang manjur. Namun, kunyit bukan satu-satunya bahan anti-inflamasi. Buah beet yang saat ini sedang musim, juga menjadi bahan anti-inflamasi.

Meskipun peradangan dalam dosis kecil sebenarnya sehat dan bukan masalah, namun peradangan kronis yang berlangsung lama dapat mendatangkan segala macam malapetaka pada tubuh. Hal ini menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Baca Juga

Seorang ahli gizi yang juga ahli kimia dan apoteker, Barbara Mendez, mengatakan, buah beet sangat kuat dalam menangkal peradangan kronis. Dia pun merekomendasikan untuk memakannya dua kali hingga tiga kali dalam satu pekan.

Beet, kata Mendez, kaya akan antioksidan termasuk vitamin C, yang melindungi tubuh dari peradangan dengan melawan radikal bebas atau molekul tidak stabil yang dapat merusak struktur seluler. Mereka juga membawa manfaat lain, termasuk serat yang menyehatkan usus, magnesium, dan kalsium.

Lalu, jika buah beet baik dikonsumsi dua kali hingga tiga kali dalam satu pekan, maka buah beet pun bisa dikonsumsi dengan memasukkannya ke dalam resep makanan. Berikut dilansir di laman Well and Good, Rabu (7/10), beberapa resep buah beet yang bisa dicoba di rumah.

Hummus beet

Ini adalah resep yang bagus bagi mereka yang tidak menyukai buah beet. Nyesha Arrington membuat resep ini dengan memanggang sayuran musim gugur ini dengan garam, timi, dan minyak zaitun. Setelahnya, masukkan mereka ke dalam food processor. Lalu, tinggal menambahkan bumbu dan aduk merata.

Salad beet dan labu

Buah beet juga berpasangan sempurna dengan favorit musim gugur lainnya yaitu delicata squash. Dicampur bersama dengan tomat, trio produk kaya antioksidan ini semakin baik dilengkapi dengan biji labu panggang, biji wijen, biji labu, almond, dan arugula.

Semua bijinya memberi salad ini begitu banyak protein. Hal itu membuat Anda bahkan tidak membutuhkan daging.

Pasta buah beet

Sepiring pasta beet merah muda adalah variasi yang menyenangkan pada resep pasta. Resep vegan ini menggabungkan pasta buah beet dengan sayuran berbau bawang putin dan jamur, untuk memberikan lapisan rasa tambahan. Masakan ini baik disajikan saat makan malam.

Gazpacho beet

Gazpachi beet disajikan dingin, bukan panas. Pada gazpacho ini juga ditambah beberapa bahan lainnya seperti ceri, almond, keripik bawang putih, dan keju mustard-lobak.

Buah Beet Vegan Bourguignon

Resep ini adalah sentuhan vegan pada boeuf Bourguignon Prancis klasik, dengan jamur menggantikan daging sapi. Buah beet direbus, dipotong dadu dan ditambahkan ke campuran lentil, kaldu sayuran, dan anggur merah anggur.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement