Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Balita Satu Tahun di Solok Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Rabu 07 Oct 2020 21:01 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pasien sembuh dari Covid-19 di Kota Solok menjadi 130 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLOK -- Satu pasien balita berusia satu tahun inisial AS asal Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok, Sumatra Barat dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Balita tersebut merupakan pasien 145 berjenis kelamin perempuan atas nama AS (1) dari Kelurahan Simpang Rumbio. Alhamdulillah dinyatakan sembuh," kata Kabag Protokol dan Komunikasi pimpinan (Prokomp) Kota Solok Nurzal Gustim di Solok, Rabu (7/10).

Ia mengatakan berdasarkan laporan hasil pemeriksaan laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari sampel yang dikirim Posko Covid-19 Banda Panduang dan RSUD M Natsir, sore ini ada penambahan pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 sebanyak enam orang.

Dengan demikian, pasien sembuh dari Covid-19 di Kota Solok menjadi 130 orang setelah enam orang dinyatakan sembuh dari virus itu, termasuk satu pasien balita.

"Keenam pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani tes usap konversi kedua kalinya dengan hasil negatif," katanya.

Ia merinci pasien yang dinyatakan sembuh tersebut lima orang berasal dari Kelurahan Simpang Rumbio dan satu orang dari Kelurahan Tanjung Paku, yakni pasien 124 atas nama ARS (13), pasien 125 inisial AS (35), pasien 133 atas nama YKS (34), pasien 139 atas nama LA (25), dan pasien 142 atas nama A (51).

Selain itu, lanjutnya, total warga Kota Solok yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini sebanyak 171 orang.

Ia merinci dari 171 pasien positif Covid-19 tersebut, saat ini menjalani isolasi di Posko Banda Panduang sebanyak 12 orang, dirawat di RSUD M Natsir tiga orang, dirawat di RSUP M Djamil Padang satu orang, isolasi mandiri 23 orang, meninggal dua orang, dan 130 orang dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah, hari ini tidak ada penambahan kasus baru positif Covid-19 dan jumlahnya masih tetap seperti hari sebelumnya," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat Kota Solok agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yaitu tetap memakai masker saat berinteraksi di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap menjaga imunitas tubuh guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kota Solok.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kesembuhan pada pasien positif Covid-19, karena menurut dia bagaimanapun juga terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah sebuah aib sehingga harus dimusuhi apa lagi dikucilkan.

Akan tetapi, katanya, dukungan yang diberikan akan membantu mempercepat pemulihan kondisi setiap pasien terkonfirmasi, terutama yang menjalani isolasi mandiri.

"Mari kita bersama senantiasa berdoa untuk saudara-saudara kita yang terkonfirmasi lainnya agar secepatnya diberikan kesembuhan dan tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif baru," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada pasien yang telah sembuh dari Covid-19 untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, karena tidak menutup kemungkinan dapat terpapar Covid-19 kembali.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA