Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Makanan Sehari-hari Hasan dan Husain

Rabu 07 Oct 2020 17:32 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Makanan Sehari-hari Hasan dan Husain. Roti gandum (ilustrasi)

Makanan Sehari-hari Hasan dan Husain. Roti gandum (ilustrasi)

Foto: abc news
Makanan sehari-hari cucu Rasulullah, al-Hasan dan al-Husain tidak berlebihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan sehari-hari cucu Rasulullah, al-Hasan dan al-Husain tidak berlebihan, sama dengan apa yang dikonsumsi Nabi SAW. Dikutip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, terdapat hadits dari Aisyah radhiyallahu anha, yang menggambarkan bagaimana keseharian Ahlul Bait dalam mengonsumsi makanan.

Aisyah menuturkan, "Keluarga Muhammad tidak pernah kenyang karena memakan roti gandum selama dua hari berturut-turut. Dan, kondisi demikian berlangsung hingga Rasulullah wafat," (HR Muslim).

Menurut al-Hafizh Ibnu Hajar, kemungkinan besar Ahlul Bait jarang merasakan kenyang karena minimnya makanan yang dimiliki. Kalaupun ada, mereka lebih mementingkan orang lain yang membutuhkannya (Fathul Bari).

Baca Juga

photo
Infografis Minuman yang Paling Disukai Rasulullah - (Republika.co.id)
Karena itu, tidak perlu heran jika terkadang al-Hasan dan al-Husain tidak mendapatkan makanan untuk disantap. Setidaknya, itulah kondisi mereka yang disampaikan oleh Ibnu Abbas.

"Tidak jarang Rasulullah melewati beberapa malam secara berturut-turut dalam keadaan lapar. Begitu pula keluarga beliau, mereka tidak memiliki hidangan malam. Dan, roti mereka hanyalah roti gandum," (HR Tirmidzi)

Seperti itulah kehidupan Ali, Fathimah, al-Hasan, dan al-Husain. Sebuah kehidupan yang penuh dengan kezuhudan, kesulitan, seadanya, namun kaya akan kesabaran.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA