Rabu 07 Oct 2020 17:31 WIB

FOZ: Komposisi Anggota Baznas 2020-2025 akan Jadi Kolaborasi

Anggota Baznas ada unsur dari ormas Islam sekaligus lembaga amil zakat dari sipil

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda
Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ), Agus Budiyanto, memuji komposisi Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2020-2025 yang telah ditetapkan DPR.
Foto: dok. Baznas
Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ), Agus Budiyanto, memuji komposisi Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2020-2025 yang telah ditetapkan DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ), Agus Budiyanto, memuji komposisi Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2020-2025 yang telah ditetapkan DPR. Menurut dia, formasi tersebut sudah mewakili berbagai kalangan, mulai dari ormas Islam, profesional, hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Komposisi komisioner Baznas yang delapan orang ini cukup memuaskan. Karena ada unsur ormas, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), ada juga unsur wanita, ada MUI, dan dua profesional. Ini akan menjadi kolaborasi yang produktif," tutur dia kepada Republika, Rabu (7/10).

Baca Juga

Agus mengatakan, unsur dari ormas Islam sekaligus lembaga amil zakat dari masyarakat sipil diwakili Rizaludin Kurniawan dan Achmad Sudrajat. Rizaludin sendiri adalah direktur Perhimpunan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu). Sedangkan Sudrajat adalah ketua Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah NU (LazisNU).

"Ini tentu akan menjadi semangat bagi teman-teman pengelola zakat dari basis masyarakat supaya kolaborasi ke depan Baznas sebagai operator dan koordinator zakat nasional ini bisa semakin padu dengan teman-teman pengelola zakat dari unsur masyarakat sipil," katanya.

Selain itu, Agus menambahkan, dalam formasi anggota Baznas tersebut juga ada pejawat yaitu Zainulbahar Noor yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua Baznas 2015-2020. Keberadaan Zainulbahar dinilai positif karena menghindari terputusnya program yang telah dijalankan.

"Tentu dengan keberadaan Pak Zainulbahar, tidak ada missing link karena ada orang yang telah mengelola Baznas selama 5 tahun, dan nanti tinggal melanjutkan saja apa yang sudah dijalankan. Dan yang kurang itu tinggal di-improve agar semakin baik," ujarnya.

Kedelapan nama anggota Baznas periode 2020-2025 di antaranya, Noor Achmad yang menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Muhammad Nadratuzzaman Hosen anggota MUI Pusat, Mokhammad Makhdum mantan Direktur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Zainulbahar Noor yang menjabat sebagai Wakil Ketua Baznas 2015-2020.

Kemudian, Saidah Sakwan mantan anggota DPR RI, Rizaludin Kurniawan Direktur Perhimpunan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu), Nur Chamdani anggota Tentara Nasional Indonesia, dan Achmad Sudrajat Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LazisNU).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement