Rabu 07 Oct 2020 02:50 WIB

Cara Sopan Menegur Orang yang tidak Pakai Masker

Ahli mengatakan masker adalah kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19. Para ahli merekomendasikan menghindari orang yang tak mengenakan masker. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19. Para ahli merekomendasikan menghindari orang yang tak mengenakan masker. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ALABAMA -- Demi menekan penularan virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, semua orang harus mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak. Namun pada realitanya masih ada saja orang yang bandel dan enggan memakai masker.

Lalu bagaimana cara meminta seseorang memakai masker dengan sopan? Para ahli menyarankan agar Anda mengajukan permintaan secara diam-diam karena mempermalukan orang tersebut dapat membuat mereka bersikap defensif.

Baca Juga

Seorang Ahli Prilaku dari Universitas Auburn, Alabama, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mengutip peraturan protokol atau rekomendasi dari pejabat kesehatan dapat menjadi cara yang sopan dalam beberapa kasus.

“Seseorang merasa tidak terlalu tersinggung dan bisa menerima ketika Anda berkata, 'Ini yang dikatakan para ahli," kata Kavookjian seperti dikutip dari Assocoated Press, Selasa (6/10).

Pakar kesehatan masyarakat mengatakan masker adalah kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tetapi meminta orang asing untuk mengenakan masker bisa menyebabkan situasi yang tidak stabil, karena mereka mungkin tidak mudah dibujuk.

Daripada harus berdebat, para ahli merekomendasikan untuk menghindari orang-orang yang tidak mengenakan masker. Apalagi jika mereka tidak mengenakan masker di muka umum.

Sementara jika Anda berada di toko atau restoran, cara terbaik adalah dengan meminta manajer atau seseorang yang bertanggung jawab untuk menegur mereka yang tidak mengenakan masker.

Atau bisa juga mengatakan langsung dengan menggunakan kalimat yang sopan, seperti berikut: "Demi keselamatan Anda dan saya, saya akan merasa jauh lebih nyaman jika kita berdua memakai masker”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement