Selasa 06 Oct 2020 20:18 WIB

Buku Guru SD Itu Keren Jadi Peserta Adi Acarya Award 2020

Peran guru SD semakin kompleks dan memerlukan suatu kompetensi khusus.

Buku Guru SD Itu Keren karya Mudzakkir Harun Alrasyid.
Foto: Istimewa
Buku Guru SD Itu Keren karya Mudzakkir Harun Alrasyid.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Buku dengan judul "Guru SD Itu Keren" karya Mudzakkir Harun Alrasyid, guru SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok, masuk dalam daftar Adi Acarya Award 2020. Adi Acarya Award adalah sebuah program pengembangan literasi akademisi Indonesia yang diinisiasi oleh PT Nyala Masa Depan Indonesia Kota Surakarta.

Adi Acarya Award ini pertama kali diadakan pada tahun 2018 lalu. Selama dua tahun penyelenggaraan, program ini telah berhasil menerbitkan lebih dari 500 naskah penulis dari berbagai kalangan, mulai guru besar, dosen, guru, mahasiswa, siswa, pegiat literasi, komunitas, penulis umum, dan sebagainya.

Selain itu, dalam dua tahun penyelenggaraan, program ini telah berhasil mengumpulkan dan menyalurkan ribuan buku donasi ke berbagai taman baca masyarakat, pojok baca, serta komunitas di pelosok Nusantara.

Pada tahun 2019 lalu, program ini berhasil mengajak 269 penulis untuk menerbitkan karya terbaiknya. Selain itu, dalam program ini akan ada penghargaan pemenang dalam empat kategori, yaitu karya terbaik, produktivitas dalam berkarya, dedikasi literasi dan pendidikan, serta masyarakat literatif.

photo
Mudzakkir Harun Alrasyid - (Istimewa)

"Saya menulis buku kedua ini terispirasi dari kegiatan perkuliahan di PGSD. Di tengah kesibukan dan rangkaian tugas kuliah di hari Sabtu dan Minggu, saya merasakan betapa materi yang diterima saat perkuliahan sangat penting dan harus didokumentasikan dalam sebuah karya berbentuk buku," ujar Mudzakkir yang tercatat sebagai mahasiswa semester akhir PGSD Universitas Terbuka (UT), Selasa (6/10).

Menurut Mudzakkir, peran guru SD semakin kompleks dan memerlukan suatu kompetensi khusus. Ia berharap agar buku ini dapat dimanfaatkan oleh guru SD pada khususnya, mulai dari mahasiswa PGSD, guru, dosen, orang tua murid, dan para praktisi pendidikan.

Buku "Guru SD itu Keren" terdiri dari delapan bab, yaitu karakteristik peserta didik, kompetensi guru, profil kurikulum, pembelajaran di SD, merancang kegiatan pembelajaran, pengorganisasian kelas, hakikat pendidikan khusus, dan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). "Saya berharap dari empat kategori pemenang Adi Acarya Award 2020, saya bisa menjadi bagian dari salah satunya," tutup Mudzakkir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement