Rabu 07 Oct 2020 00:32 WIB

Gara-Gara Dembele, Barcelona Gagal Rekrut Depay

Ousmane Dembele memilih tetap bertahan di Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Memphis Depay
Foto: EPA-EFE/Franck Fife
Memphis Depay

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Keinginan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, untuk melihat Memphis Depay di Stadion Camp Nou pada musim ini akhirnya gagal terwujud. Pada menit-menit terakhir, Barcelona menarik diri dari negosiasi dengan Lyon terkait perekrutan penyerang asal Belanda tersebut.

Padahal, Barcelona dan Lyon sebelumnya dikabarkan telah sepakat terkait nilai transfer Depay. Penyerang berusia 26 tahun itu ditebus Barcelona dengan nilai transfer mencapai 25 juta poundsterling, ditambah berbagai bonus. Pun dengan kesepakatan antara Barcelona dengan mantan penyerang Manchester United (MU) tersebut.

Bahkan, Depay disebut-sebut tinggal terbang ke Barcelona untuk menandatangani kontrak baru dengan La Blaugrana pada hari terakhir jendela transfer pemain Eropa, Senin (5/10) waktu setempat. Namun, hingga bursa transfer pemain Eropa resmi ditutup, semua rencana kepindahan Depay ini urung terlaksana.

Dilansir Marca, Selasa (6/10), kegagalan Barcelona merekrut Depay ini tidak terlepas dari tetap bertahannya Ousmane Dembele di skuat tim asal Katalan tersebut. Negosiasi kepindahan winger berusia 23 tahun ke Manchester United ternyata menemui jalan buntu.

Barcelona berharap United merekrut Dembele secara permanen. Di titik ini, Barcelona membutuhkan suntikan dana segar dari penjualan pemain guna mendatangkan pemain anyar.

Namun, MU hanya mau mendatangkan Dembele dengan status pemain pinjaman. Tidak hanya itu, United juga enggan mengeluarkan dana transfer sekitar 60 hingga 70 juta euro sebagai tebusan untuk mendatangkan Dembele. Manajemen United menilai angka ini terlalu besar buat pemain yang belum dipastikan berada di starting line-up United musim depan.

Nama Dembele mulai masuk ke radar United setelah Iblis Merah dipastikan gagal memboyong Jadon Sancho akibat terlalu tingginya permintaan nilai transfer dari Dortmund. Di sisi lain, Dembele juga menolak hijrah dari Stadion Camp Nou pada bursa transfer musim ini dengan status sebagai pemain pinjaman di klub lain. Selain itu, eks winger Rennes itu juga disebut-sebut siap bersaing mendapatkan tempat di starting line-up Barcelona.

Dembele memang dikabarkan tidak masuk dalam skema permainan yang diusung Koeman di Barcelona. Pada awal musim ini, Dembele hanya tampil di satu laga dari tiga laga yang telah dilakoni Blaugrana, itu pun sebagai pemain pengganti dan hanya bermain selama 20 menit. Sementara di dua laga terakhir Barca, Dembele hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Sebelumnya, Koeman mengakui ketertarikannya merekrut Depay. Menurutnya, Depay merupakan sosok pemain yang tepat untuk menggantikan Luis Suarez, yang hijrah ke Atletico Madrid. Namun, pelatih asal Belanda itu juga sadar dengan situasi yang dihadapi manajemen klub.

''Kami harus melihat kondisi keuangan klub. Pun dengan aturan di La Liga. Faktanya, kami harus melepas pemain terlebih dahulu, sebelum bisa mendatangkan pemain anyar,'' kata Koeman usai Barcelona ditahan imbang Sevilla, 1-1, di lanjutan La Liga Spanyol, akhir pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement