Selasa 06 Oct 2020 14:54 WIB

Mencari Jejak Muslim Pertama di Kanada (Bagian II)

James dan Agnes Love diyakini muslim pertama di Kanada

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Muslim Kanada
Foto: www.patdollard.com
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO – Belum diketahui secara pasti kapan Muslim pertama kali datang dan menetap di Kanada. Bukti yang ada menunjukkan Muslim telah menjadikan Kanada sebagai rumah mereka sejak 1851 atau lebih dari satu dekade sebelum negara itu didirikan.

Namun, beberapa sejarawan berspekulasi bahwa kontak Muslim Mandingo (Afrika Barat) dengan masyarakat asli Amerika dapat terjadi bahkan sebelum kedatangan Christopher Columbus pada 1492 seperti dilansir dari About Islam, Selasa (6/10).

Belum ada banyak penelitian ilmiah tentang sosok yang bisa dikaitkan dengan jejak muslim di Kanada. Namun, ada muslim Afrika yang bisa dijadikan contoh yakni Mahommah Baquaqua. Pada tahun 1854, tahun ketika Baquaqua tiba di Kanada, sudah ada muslim lain yang tinggal di Kanada. Mereka adalah pasangan muda, James dan Agnes Love, yang bermigrasi dari Skotlandia pada tahun 1851. Keduanya ini diyakini sebagai muslim pertama di Kanada.

James dan Agnes tiba di Ontario Selatan tahun 1851 dan menetap di sana. Tiga tahun kemudian, Agnes melahirkan seorang anak yang dinamai menurut nama ayahnya. Anaknya itu diyakini menjadi muslim kelahiran Kanada pertama yang diketahui.

Pasangan itu kemudian memiliki tujuh anak lagi termasuk yang termuda Alexander, yang lahir pada tahun 1868, setahun setelah Kanada didirikan.

Keluarga Muslim lainnya tiba di Ontario Selatan tahun 1871. Mereka merupakan pasangan muda bernama John dan Martha Simon. Keduanya lahir di Amerika Serikat tetapi merupakan anak-anak imigran dari Eropa. Mereka kemungkinan besar berasal dari Eropa Timur, yang sebagian besar masih diperintah oleh Kekaisaran Ottoman saat itu.

Kedatangan John dan Martha serta anak-anak mereka membuat jumlah total Muslim yang tercatat dalam sensus Kanada tahun 1871 menjadi 13 orang.

Tentu saja, kegiatan sensus adalah tugas yang sangat kompleks dan sulit di akhir abad ke-19 dan mungkin saja masih banyak lagi Muslim yang tidak tercatat. Tiga dekade kemudian, sensus tahun 1901 mencatat 47 Muslim di Kanada. Meskipun tidak diketahui berapa banyak dari mereka (jika ada) adalah keturunan dari keluarga Love atau Simon.

Beberapa dari muslim Kanada dilaporkan telah mengambil bagian dalam peristiwa penting dalam sejarah Kanada, seperti Demam Emas Klondike dan pembangunan Kereta Api Pasifik Kanada. Pada 2017 dan peringatan 150 tahun Kanada. Muslim telah menjadikan Kanada sebagai rumah mereka setidaknya selama 166 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement