Selasa 06 Oct 2020 10:20 WIB

Jajak Pendapat: Biden Unggul di Pennsylvania dan Wisconsin

Jajak pendapat Reuters/Ipsos menunjukkan Biden ungguli Trump

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara usai mengikuti pengarahan vaksin virus corona dengan pakar kesehatan masyarakat, Rabu (16/9/2020), di Wilmington
Foto: AP/Patrick Semansky
Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara usai mengikuti pengarahan vaksin virus corona dengan pakar kesehatan masyarakat, Rabu (16/9/2020), di Wilmington

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden lebih unggul dibandingkan Donald Trump dalam jajak pendapat Reuters/Ipsos di Pennsylvania dan Wisconsin. Satu bulan sebelum pemungutan suara, Biden kian lebih unggul dari Trump.

Survei yang dirilis Senin (5/10) menunjukkan mantan wakil presiden itu lebih unggul lima persen di Pennsylvania, seperti kredibel interval (selang kepercayaan) yang juga lima persen. Sementara di Wisconsin, Biden unggul enam persen.

Baca Juga

Di kedua negara bagian itu Biden berhasil memperbaiki posisinya pada pertengahan September. Jajak pendapat Reuters/Ipsos digelar di enam negara bagian yakni Wisconsin, Pennsylvania, Michigan, North Carolina, Florida, dan Arizona.

Negara bagian-negara bagian itu memiliki peranan penting untuk memutuskan apakah Trump akan melanjutkan periode kedua atau mengeluarkannya dan mendudukan Biden di Gedung Putih. Jajak pendapat Reuters/Ipsos digelar secara daring.

Survei melibatkan mereka yang akan memberikan hak suaranya melalui surat. Pemilu via surat menjadi sesuatu yang kian umum karena pandemi virus corona.

Di Wisconsin, 50 persen responden menyatakan mendukung Biden sedangkan Trump hanya mendapat 44 persen. Sekitar 50 persen mengatakan Biden akan lebih baik dalam mengatasi pandemi sementara Trump hanya 41 persen.

Sekitar 51 persen mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi sementara 44 persen mengatakan Biden yang lebih baik. Sekitar 13 responden mengatakan sudah memberikan hak suara mereka.

Di Pennsylvania, Biden mendapat 50 persen dukungan dan Trump hanya 45 persen. Sebanyak 51 persen yakin Biden lebih baik dalam mengatasi pandemi dan 41 persen percaya Trump lebih baik. Di isu ekonomi, Trump lebih unggul 51 persen dan Biden hanya 46 persen.  

Di Michigan, North Carolina, Florida, dan Arizona kedua kandidat bersaing ketat. Di Michigan Biden mendapat 47 persen dukungan begitu pula dengan Trump. Di Arizona Biden mendapat 47 persen dukungan sementara Trump 46 persen.

Di Michigan 49 persen responden mengaku memilih Biden dan hanya 47 persen yang memilih Trump. Di North Carolina Biden dan Trump sama-sama mendapat 47 persen dukungan responden.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement