Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Menelusuri Jejak Muslim Pertama di Kanada

Selasa 06 Oct 2020 07:05 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Menelusuri Jejak Muslim Pertama di Kanada. Masjid Al Rashid Kanada

Foto:
Muslim telah menetap, bahkan sebelum negara Kanada berdiri.

Menelusuri Jejak Muslim Pertama di Kanada

Catatan ini dinilai menarik, lantara secara umum diyakini Muslim pertama yang diketahui di Skotlandia adalah Wazir Beg, seorang mahasiswa kedokteran dari India yang belajar di Universitas Edinburgh pada 1858 dan 1859. Namun, hal ini tidak serta merta mendiskreditkan keyakinan kaum muda Muslim yang berangkat ke Kanada beberapa tahun sebelumnya karena Islam tidak dikenal di Inggris.

James dan Agnes tiba di Ontario selatan pada 1851 dan menetap di sana. Tiga tahun kemudian, Agnes melahirkan seorang anak yang dinamai sesuai nama ayahnya. Anak tersebut tercatat sebagai Muslim kelahiran Kanada pertama yang diketahui.

Pasangan itu kemudian memiliki tujuh anak lagi, termasuk yang termuda, Alexander, yang lahir pada 1868, setahun setelah Kanada didirikan. Keluarga Muslim lainnya tiba di Ontario selatan pada 1871.

Pasangan muda lain tersebut ialah John dan Martha Simon. Keduanya tampaknya lahir di Amerika Serikat, tetapi merupakan anak-anak imigran dari Eropa. Mereka kemungkinan besar berasal dari Eropa Timur, yang sebagian besar masih diperintah oleh Kekaisaran Ottoman pada saat itu.

photo
Muslim Kanada - ()
Kedatangan John, Martha, dan anak-anak mereka, selain keluarga Love, membuat jumlah total Muslim yang tercatat dalam sensus Kanada pada 1871 menjadi 13 orang. Tentu saja, melakukan sensus adalah tugas yang sangat kompleks dan sulit di akhir abad ke-19, dan mungkin saja masih banyak lagi Muslim yang tidak tercatat.

Tiga dekade kemudian (dan setengah abad setelah James dan Agnes tiba), sensus 1901 mencatat 47 Muslim di Kanada. Meskipun, tidak diketahui berapa banyak dari mereka (jika ada) adalah keturunan dari keluarga Love atau Simon.

Setidaknya, segelintir dari mereka adalah imigran baru dari Lebanon dan Suriah yang dikuasai Ottoman, dan kebanyakan dari mereka menetap di Alberta. Beberapa dari mereka dilaporkan telah mengambil bagian dalam beberapa peristiwa penting dalam sejarah Kanada, seperti Klondike Gold Rush dan pembangunan Kereta Api Pasifik Kanada.

Masih banyak lagi Muslim yang tercatat dalam sejarah awal Muslim di Kanada, seperti Ali Abouchadi. Pada 2017 dan peringatan ke-150 tahun Kanada, Muslim telah menjadikan Kanada sebagai rumah mereka setidaknya selama 166 tahun.

Eksistensi Muslim di Kanada juga terlihat dengan adanya bangunan Masjd Al-Rashid, yang merupakan masjid pertama di Kanada. Masjid ini dibangun di Edmonton pada 1938 dan ditetapkan sebagai situs bersejarah di Fort Edmonton Park. Selanjutnya, ada pula Masjid Al Kareem di Lac La Biche, yang merupakan masjid kedua yang dibangun di Kanada. 

https://aboutislam.net/family-life/culture/remembering-first-muslims-canada/

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA