Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Hobi Ngopi, Mau Sukses Bisnis Kopi, Begini Caranya

Selasa 06 Oct 2020 06:07 WIB

Red: Hiru Muhammad

Foto Kika : Kedua dari kiri/tengah, Ario Fajar, Head of Marketing Toffin, ketiga dari kiri Willy Sidewalk, Head of Learning & Development Toffin Indonesia dalam acara Virtual Launching, Toffin E-Learning Center di platform Zoom, Senin, 5 Oktober 2020

Foto Kika : Kedua dari kiri/tengah, Ario Fajar, Head of Marketing Toffin, ketiga dari kiri Willy Sidewalk, Head of Learning & Development Toffin Indonesia dalam acara Virtual Launching, Toffin E-Learning Center di platform Zoom, Senin, 5 Oktober 2020

Foto: istimewa
Para pebisnis kopi, barista perlu media pembelajaran yang praktis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menyeduh kopi hangat bagi sebagian masyarakat pecinta kopi diyakini memiliki sensasi tersendiri. Kian bertambahnya jumlah pecinta kopi telah membuat berkembang bisnis kopi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. 

Hal itu mendorong munculnya sistem manajemen industri kopi yang siap melayani para pecinta kopi di Tanah Air. Seperti yang dilakukan Toffin Indonesia yang meluncurkan Toffin E-Learning Center yaitu platform digital yang menyediakan program pengembangan dan pelatihan di industri kopi. Mulai dari kreasi menu, pengembangan bisnis, hingga pelatihan keterampilan.  yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya melalui daring baik video maupun workshop. 

Menurut Ario Fajar, Head of Marketing Toffin, Toffin E-Learning Center hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pebisnis kopi, barista, serta orang yang bergerak di industri kopi, yang membutuhkan media pembelajaran yang praktis.  Pembelajaran jarak jauh ini akan menjadi Number One Coffee Business Platform in Indonesia.  "Saat ini seluruh industri food and beverage mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pemilik bisnis dituntut untuk melakukan strategi pemasaran, penjualan dan promosi yang kreatif. Sementara itu, para barista juga harus meningkatkan kompetensinya. Toffin E-Learning Center ini adalah kelas online yang tepat untuk menambah dan mengasah kemampuan," ujarnya dalam webinar Senin (5/10). 

Pelatihan tersebut difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya melalui daring baik video maupun workshop.  Para mentor ini terdiri dari master kopi internasional, juara kopi Indonesia, ahli teh, pakar cafe dan restoran, konsultan hingga praktisi di industri kreatif.

Toffin E-Learning menawarkan 3 program. Pertama  Skill, yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di industri kopi atau bisnis food and beverage agar lebih kompetitif.

Program ini diaplikasikan dalam bentuk video pelatihan barista, bartender, beragam teknik menyeduh kopi, pengoperasian peralatan kopi yang diajarkan oleh coffee dan tea master. Didukung juga dengan keterampilan lainnya seperti fotografi dan videografi mulai dari tingkat dasar hingga advance dari praktisi di industri kreatif.

Kedua Menu Creation. Program ini diciptakan untuk menjadi referensi bagi business owner, barista, bartender, atau departemen pengembangan menu untuk mengkreasikan minuman yang inovatif dan kompetitif. 

Program ini dibuat dalam bentuk video menu tutorial yang dikembangkan oleh Toffin product development specialist, coffee, dan tea master mulai dari minuman berbahan dasar kopi, teh, rempah, cocktail, mocktail, dan bahan baku lainnya. 

Ketiga Business Program yang dibentuk untuk memperluas wawasan, pengetahuan, strategi, bisnis industri kopi.  Program ini diaplikasikan melalui video pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, operasional, hingga ekspansi bisnis seperti : marketing, branding, sales, keuangan, kepuasan pelanggan, tren pasar, sumber daya manusia, success story, hingga product specification, yang dipresentasikan oleh ahli dibidangnya. 

Toffin E-Learning Center ditargetkan untuk para entrepreneur start-up, cafe & restaurant owner, barista, bartender, tea and coffee specialist, F&B enthusiast, serta masyarakat umum yang ingin belajar mengenai bisnis kopi. "Edukasi berbasis digital kini menjadi cara baru untuk belajar berbagai bidang baru. Mulai dari upskill untuk profesi hingga menambah berbagai ilmu aktual untuk menambah wawasan, apalagi di masa pandemi seperti ini," jelas Mikael Jasin, Indonesia Barista Champion 2019 and 2020. Ia melihat bahwa Toffin E-Learning Center memiliki berbagai konten edukasi yang sangat menarik mulai dari dunia kopi hingga industri food & beverage.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA