Senin 05 Oct 2020 15:36 WIB

Tak Jaga Jarak Usai Bahas RUU Ciptaker, Baleg: Spontanitas 

Pimpinan Baleg DPR RI menyesalkan foto dan harap tidak terulang lagi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Ratna Puspita
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beredar foto di media sosial yang menampilkan pimpinan dan anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR yang tak jaga jarak usai rapat pengambilan keputusan tingkat I RUU Cipta Kerja. Wakil Ketua Baleg Willy Aditya membenarkan foto tersebut dilakukan usai rapat. 

"Mungkin teman-teman sudah bekerja berbulan-bulan capek terus, ya itu spontanitas," ujar Willy di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10).

Baca Juga

Ia mengatakan, Baleg sudah menginstruksikan peserta rapat untuk mengikuti protokol pencegahan Covid-19. Namun, Willy menyesalkan foto bareng yang dilakukan oleh anggota Baleg.

"Tentu saya sebagai pimpinan Baleg menyesalkan itu, jadi tentu kita harap hal ini tak terulang lagi," ujar Willy.

photo
Anggota Baleg Fraksi PDIP Arteria Dahlan - (Republika/Nawir Arsyad Akbar)

Namun, anggota Baleg Fraksi PDIP Arteria Dahlan meluruskan foto tersebut bukan diambil usai rapat pembicaraan tingkat I. Alasan para anggota tak menjaga jarak karena sudut pengambilan foto yang tidak maksimal.

"Itu pun malah kameramennya yang suruh begini-begini kan, disuruh lebih mempersempit. Jadi kami itu lebih pentingkan substansi ya kan," ujar Arteria.

Foto itu, kata Arteria, diambil tidak lebih dari dua menit sebagai bentuk kerinduan antara anggota Baleg yang sudah lama tidak bertemu secara langsung. Khususnya, secara selama pembahasan RUU Cipta Kerja.

"Baik semua kementerian lembaga plus anggota DPR dan DPD. Hanya momen itu saja itupun tidak sampai dua menit," ujar Arteria.

Sebelumnya, beredar foto sejumlah pimpinan dan anggota Badan Legislasi DPR yang foto bersama. Foto itu kemudian menjadi sorotan, karena posisi mereka yang tidak menjaga jarak meski menggunakan masker. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement